ABSTRAK
Pada era globalisasi saat ini, teknologi informasi dan komunikasi sangat berkembang pesat, terutama pada bidang pendidikan. Salah satu pencapaian terbesar adalah ¬e-learning, dimana aktivitas belajar dilakukan secara virtual. Hal tersebut yang akhirnya memberikan peluang kepada perusahaan untuk menciptakan aplikasi berbasis pendidikan yaitu Ruang Guru. Salah satu fitur dalam aplikasi ruang guru adalah fitur Ruangbelajar , yaitu fitur selflearning dengan menggunakan video berisi penjelasan materi yang disampaikan oleh tutor dan dibantu dengan video animasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan fitur ruangbelajar di aplikasi ruang guru terhadap tingkat pemahaman siswa.
Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang dikaji secara kuantitatif dengan mengumpulkan tanggapan kuesioner sebagai data dari responden yang terdiri dari beberapa siswa kelas IX SMP Negeri 8 Bandung. Teknik pengumpulan data primer dengan menggunakan penyebaran angket dan observasi ke lapangan, serta menggunakan data sekunder yang diperoleh dari pihak sekolah SMP 8 Bandung, literatur buku, internet dan penelitian terdahulu.
Berdasarkan hasil data penelitian ini, variabel fitur ruangbelajar memiliki kategori tinggi dengan nilai persentase 79% serta tingkat pemahaman siswa juga memiliki kategori tinggi dengan nilai 78%. Hal tersebut menunjukkan bahwa fitur ruangbelajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pemahaman siswa pengguna aplikasi ruang guru .
Kata Kunci : e-learning, fitur, aplikasi pendidikan