Perkembangan teknologi informasi dan digital saat ini tidak hanya menimbulkan dampak positif
tetapi juga menimbulkan dampak negatif antara lain menjamurnya permainan digital yang seolah
menenggelamkan permainan edukasi. Hal ini diperburuk dengan penggunaan gadget yang tidak
terkontrol. Sehingga anak-anak seperti kecanduan game digital dan menjadi minim kreatifitas.
Suatu kondisi yang memprihatinkan, tetapi harus kita sadari saat ini kita sangat terikat pada
teknologi. Menyadari hal ini, penulis membuat suatu aplikasi yang menggabungkan teknologi dan
permainan edukasi yang dapat membantu menggali minat masyarakat terutama anak - anak
untuk memainkan permainan edukasi dengan bantuan teknologi digital yang akan berimbas pada
perkembangan kreatifitas mereka. Aplikasi ini berbasis Android dengan teknologi Augmented
Reality (AR), yang dibuat menggunakan Unity3D. Aplikasi ini berupa panduan merakit bongkahan
Plastic Building Blocks menjadi bentuk tertentu secara mudah dan menyenangkan, sehingga
pengguna dapat berkreatifitas dengan tidak meninggalkan teknologi. Aplikasi ini dapat di
gunakan melalui ponsel pintar dengan sistem operasi Android.
Kata kunci : permainan, Plastic Building Blocks, penggunaan gadget, Augmented Reality (AR),
Android, unity3D.