ABSTRAK
PERANCANGAN PROMOSI LINKAJA SEBAGAI ALAT PENERIMA PEMBAYARAN PARA MERCHANT DI KOTA SOLO
Fara Permata Irawan, 1601154411, 2015, Program Studi Desain Komunikasi Visual jurusan Advertising Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom. Judul penelitian yang diangkat adalah Pemanfaatan Perancangan Promosi LinkAja! Sebagai Alat Penerimaan Pembayaran Para Merchant Di Kota Solo.
Tujuan penelitian ini adalah Terlaksananya perancangan strategi promosi yang tepat untuk meningkatkan jumlah merchant yang menggunakan LinkAja! Sebagai media transaksi mereka dan mengetahui strategi media dan visual yang tepat untuk para merchant di Solo agar mereka tertarik untuk menggunakan LinkAja! Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengumpulan data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni wawancara, observasi, dan studi pustaka.
Hasil perancangan promosi dalam penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT untuk menemukan USP dan what to say dan menggunakan metode AISAS untuk menentukan media yang tepat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah untuk mengingkatkan jumlang pengguna, tentu penulis harus menemukan strategi promosi yang tepat dengan menggunakan data-data yang telah dikumpulkan. Penulis membuat sebuah rancangan promosi menggunakan beberapa media untuk mendukung promosi ini. Dengan adanya perancangan promosi ini, diharapkan jumlah merchant yang bergabung dengan LinkAja! akan meningkat serta pesan yang disampaikan dapar mempersuasi dan menginformasi target audience dengan tepat.
Kata Kunci: Promosi, BNI Yap!, Terhadap Merchant