Iklan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan demi menarik perhatian audience.
Salah satu daya tarik yang dapat digunakan dalam periklanan adalah humor. Pesan
humor yang terkandung dalam iklan dapat mempunyai banyak fungsi dan kegunaan
yang baik bagi kesehatan karena, sifatnya yang menghibur. Penelitian ini berjudul
“Analisis Isi Kualitatif Daya Tarik Pesan Humor dalam Iklan Toyota di Youtube”.
Objek pada penelitian ini adalah dua iklan Toyota “Be Safety Leaders: Amazing
Road” dan “Ownership Experience: Pasti Hoki, Gak Bakal Rugi”. Dengan
menggunakan teori teknik humor yang dikemukakan oleh Arthur Asa Berger,
peneliti ingin mengetahui bentuk dan teknik apa yang mendominasi. Penelitian ini
menggunakan metode analisis isi kualitatif dan paradigma yang digunakan adalah
post-positivisme. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi metode. Hasil
menunjukkan bahwa teknik humor language merupakan teknik yang paling dominan
yang terdapat pada iklan Toyota “Be Safety Leaders: Amazing Road” sebanyak 22
data dan “Ownership Experience: Pasti Hoki, Gak Bakal Rugi” dengan teknik humor
action sebanyak 42 data. Adapun teknik humor yang paling sedikit muncul pada
Toyota “Be Safety Leaders: Amazing Road” dan “Ownership Experience: Pasti
Hoki, Gak Bakal Rugi” adalah logic sebanyak 10 data.
Kata Kunci: Daya Tarik Iklan, Humor, Humor pada Iklan, Analisis Isi
Kualitatif