PERANCANGAN DESTINATION BRANDING DESA SEUAT JAYA SEBAGAI DESA PENGRAJIN GOLOK SULANGKAR di KABUPATEN SERANG- BANTEN

RAFALIQ SILAHUDI

Informasi Dasar

111 kali
19.04.3010
658.827
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Desa Seuat Jaya merupakan desa yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang lebih tepatnya berada di Kecamatan Petir, Kabupaten Serang yang memilik ciri khas sebagai desa pengrajin golok Sulangkar yang merupakan golok ciri khas Banten. Minimnya pengetahuan masyarakat Banten maupun luar daerah terkait desa Seuat Jaya dikarenakan kurangnya media informasi yang menginformasikan desa tersebut. Metode yang digunakan pada perancangan ini merupakan jenis penelitian yang penemuannya tidak dapat diperoleh menggunakan prosedur statistik atau dengan kuantifikasi. Secara umum dapat dipergunakan untuk penelitian tentang kehidupan masyarakat, sejarah, tingkah laku manusia, dll. Branding destinasi merupakan konsep destinasi yang digunakan untuk membangun citra sosial yang lebih dari keadaan sebenarnya. Dalam perancangan ini penulis membuat media informasi yang mengulas desa Seuat Jaya dan golok Sulangkar sebagai ciri khas dari desa tersebut. Target khalayak sasaran perancangan ini yaitu dewasa modern yang biasa dengan membaca buku dan paham smartphone. Buku menjadi media utama untuk menginformasikan desa Seuat Jaya sebagai desa pengrajin golok Sulangkar. Selain buku sebagai media utama, media sosial menjadi alternatif media yang mendukung untuk informasi desa Seuat Jaya. Desa Seuat Jaya merupakan desa yang mempunyai ciri khas yaitu berupa golok Sulangkar. Namun, pada realitinya masih banyak masyarakat lokal maupun luar daerah yang belum mengetahui keberadaan desa Seuat Jaya sebagai desa pembuat Golok Sulangkar khas Banten. Hal tersebut dikarnakan kurangnya media informasi mengenai desa Seuat Jaya, juga terkait beberapa pande yang mengklaim golok Seuat Jaya dengan nama daerah lain untuk keuntungan semata. Harapannya masyarakat Banten maupun luar daerah akan mengetahui desa Seuat jaya lebih dalam setelah membaca dan memaknai perancangan branding destinasi desa Seuat Jaya ini.

Kata kunci: Golok, Seuat Jaya, identitas

Subjek

BRANDING
 

Katalog

PERANCANGAN DESTINATION BRANDING DESA SEUAT JAYA SEBAGAI DESA PENGRAJIN GOLOK SULANGKAR di KABUPATEN SERANG- BANTEN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAFALIQ SILAHUDI
Perorangan
Dimas Krisna Aditya
 

Penerbit

Universitas Telkom. S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • GDH2I5 - DESAIN GRAFIS 2 (MEDIA LITERACY & INFORMATION DESIGN)
  • GDH4C5 - DESAIN GRAFIS 5 (PRODUK DEVELOPMENT & BRAND BUILDING)
  • GDG3G3 - ILLUSTRASI LANJUT
  • GDH2K3 - ILUSTRASI DASAR
  • GDG2M3 - ILUSTRASI DASAR
  • GDG2G3 - KOMPUTER GRAFIS DASAR
  • GDH3C3 - KOMPUTER GRAFIS LANJUT
  • GDH2L3 - METODE REPRODUKSI GRAFIKA
  • GDG3J3 - MK. PILIHAN: BRANDING
  • GDH3R3 - MK. PILIHAN: ENVIRONMENTAL GRAPHIC DESIGN
  • GDG4F3 - MK. PILIHAN: LOGO
  • GDH3N3 - MK. PILIHAN: VISUAL BRANDING
  • GDH2M2 - PENGANTAR BRANDING
  • GDH3E3 - PRODUKSI GRAFIKA
  • GDG4A5 - STUDIO DESAIN GRAFIS V
  • DVI2C3 - ILUSTRASI DASAR
  • DGI3F3 - PRODUKSI GRAFIKA
  • DGI4I3 - PENGANTAR BRANDING

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini