Desa Seuat Jaya merupakan desa yang terletak di perbatasan antara Kabupaten
Serang dan Kabupaten Pandeglang lebih tepatnya berada di Kecamatan Petir,
Kabupaten Serang yang memilik ciri khas sebagai desa pengrajin golok Sulangkar
yang merupakan golok ciri khas Banten. Minimnya pengetahuan masyarakat
Banten maupun luar daerah terkait desa Seuat Jaya dikarenakan kurangnya media
informasi yang menginformasikan desa tersebut. Metode yang digunakan pada
perancangan ini merupakan jenis penelitian yang penemuannya tidak dapat
diperoleh menggunakan prosedur statistik atau dengan kuantifikasi. Secara umum
dapat dipergunakan untuk penelitian tentang kehidupan masyarakat, sejarah,
tingkah laku manusia, dll. Branding destinasi merupakan konsep destinasi yang
digunakan untuk membangun citra sosial yang lebih dari keadaan sebenarnya.
Dalam perancangan ini penulis membuat media informasi yang mengulas desa
Seuat Jaya dan golok Sulangkar sebagai ciri khas dari desa tersebut. Target
khalayak sasaran perancangan ini yaitu dewasa modern yang biasa dengan
membaca buku dan paham smartphone. Buku menjadi media utama untuk
menginformasikan desa Seuat Jaya sebagai desa pengrajin golok Sulangkar. Selain
buku sebagai media utama, media sosial menjadi alternatif media yang mendukung
untuk informasi desa Seuat Jaya. Desa Seuat Jaya merupakan desa yang
mempunyai ciri khas yaitu berupa golok Sulangkar. Namun, pada realitinya masih
banyak masyarakat lokal maupun luar daerah yang belum mengetahui keberadaan
desa Seuat Jaya sebagai desa pembuat Golok Sulangkar khas Banten. Hal tersebut
dikarnakan kurangnya media informasi mengenai desa Seuat Jaya, juga terkait
beberapa pande yang mengklaim golok Seuat Jaya dengan nama daerah lain untuk
keuntungan semata. Harapannya masyarakat Banten maupun luar daerah akan
mengetahui desa Seuat jaya lebih dalam setelah membaca dan memaknai
perancangan branding destinasi desa Seuat Jaya ini.
Kata kunci: Golok, Seuat Jaya, identitas