Perancangan Buku Panduan Menggambar Dasar Untuk Guru Anak Berkebutuhan Khusus

MUHAMMAD MUKHLIS

Informasi Dasar

98 kali
19.04.3802
741.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak

Kegiatan menggambar memberikan banyak manfaat seperti melatih kinestetik, berekspresi, imajinasi, mengenal perbedaan warna, bentuk, serta melatih konsetrasi dengan menggunakan berbagai media gambar. Hal tersebut terbukti efektif untuk merangsang perkembangan anak berkebutuhan khusus tidak hanya dari kemampuan motorik halusnya, namun juga sensori dan kreativitasnya. Namun berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan penulis di beberapa pusat terapi tumbuh kembang anak di kota Bandung, ditemukan sangat sedikit tenaga pengajar yang berlatar belakang seni formal khususnya seni rupa. Hal ini menjadi hambatan bagi para guru, karena materi gambar yang disampaikan monoton, sehingga materi yang diajarkan tidak konsisten dan membuat kemampuan gambar anak menjadi sulit untuk diidenifikasi dan diarahkan. Berdasarkan fenomena tersebut, penulis memutuskan untuk merancang objek kajian berupa Buku Panduan Menggambar Dasar Untuk Guru Anak Berkebutuhan Khusus. Metode penelitian yang dilakukan adalah studi pustaka, wawancara, dan observasi untuk memperoleh data yang kemudian dianalisis dengan matriks perbandingan. Kata kunci : Guru, anak berkebutuhan khusus, belajar menggambar dasar.

Subjek

DESIGN
 

Katalog

Perancangan Buku Panduan Menggambar Dasar Untuk Guru Anak Berkebutuhan Khusus
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD MUKHLIS
Perorangan
Yanuar Rahman
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • MDH2G3 - ILUSTRASI
  • MUH4I3 - MK. PILIHAN: DIGITAL PAINTING
  • MDG2M3 - VISUAL STORY TELLING

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini