Judul penelitian ini adalah Analisa Strategi Promosi Pengembangan Pariwisata Kabupaten Bandung Barat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui deskripsi dari strategi promosi yang dilakukan oleh Kabupaten Bandung Barat dalam upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan sektor pariwisata di Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bandung Barat dan mengunjungi satu destinasi wisata yaitu Stone Garden yang dimana sedang dikembangkan menjadi geopark nasional.
Metode yang digunakan adalah kualitatif. Data diperoleh dari wawancara langsung dengan Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bandung Barat, Kepala Bidang Promosi Kabupaten Bandung Barat, Pengelola Stone Garden dan Wisatawan, selain itu data lain yang digunakan adalah hasil dari beberapa studi pustaka, dokumentasi, dan observasi.
Hasil dari data yang diperoleh secara kualitatif kemudian dijelaskan dengan uraian yang disusun secara detail dan sistematis. Dari penelitian ini dapat diperoleh hasil, ada tiga cara promosi yang utama yaitu melalui media sosial, menggunakan media cetak, elektronik dan media luar ruang, dan mengikuti undangan pameran-pameran yang diadakan oleh kabupaten/kota lain. Selain itu diharapkan dengan meningkatnya pariwisata dan industri pariwisata di Kabupaten Bandung Barat, masyarakat sekitar destinasi wisata dapat diberdayakan dengan berwirausaha untuk membangun ekonomi kreatif di Kabupaten Bandung Barat. Dengan begitu dapat dikatakan bahwa Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bandung Barat melakukan semua jenis promosi yang dapat dilakukan dengan semua potensi yang ada.
Kata Kunci : Pariwisata, Strategi, Promosi, Kabupaten Bandung Barat