ABSTRAK
Setiap wirausahawan memiliki keinginan untuk mencapai tujuannya masing-masing dengan cara mendapatkan keuntungan disetiap usahanya. Kantin kampus adalah salah satu fasilitas kampus yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum mahasiswa karena keberadaannya dekat dengan perkuliahan dan harga yang ditawarkan pun terjangkau. Selain itu makanan dan minuman yang dijual juga harus bersih dan sehat, karena berkaitan langsung dengan kesehatan mahasiswa. Maka dari itu peneliti bermaksud untuk meneliti omset yang di dapat dari keutungan Kantin Kampus Telkom University.
Metode yang digunakan pada penelitian ini metode kuantitatif dengan metode analisis faktor konfirmatori yang dapat digunakan untuk mengkonfirmasi apakah model pengukuran yang dibangun sesuai dengan yang dihipotesiskan.
Hasil penelitian faktor – faktor karakteristik kewirausahaan dalam keberhasilan usaha kantin di Telkom University Bandung, terdapat enam faktor yang menjadi atribut dalam keberhasilan usaha Kantin Telkom University, yaitu faktor Bertanggung jawab 33,95% dari hasil observasi pelaku usaha menjawab iya dan percaya terhadap kemampuan diri sendiri 8,55% pelaku usaha menjawab tidak. Dalam hal ini bertanggung jawab mempunyai kesamaan dalam observasi awal yaitu responden menjawab “iya” di setiap pertanyaan.
Kata kunci: Analisis Faktor, Kantin Kampus, Karakteristik Kewirausahaan