Pola hidup dengan slogan “back to nature” atau kembali kea lam telah menjadi tren masyarakat dunia. Pola hidup ini didasari bahwa segala sesuatu yang berasal dari alam adalah baik dan berguna serta menjamin adanya keseimbangan antara manusia dan alam. Bukti yang mendukung peningkatan lingkungan ekologikal ini adalah meningkatnya individu yang rela membayar lebih untuk produk-produk yang ramah lingkungan (Vlosky et al., 1999; Maguire et al., 2004). Faktanya tren bisnis produk yang ramah lingkungan sedang berkembang mulai dari makanan organik, produk pengganti plastik, produk olahan bekas pakai, obat-obatan organik, hingga kosmetik organik. Namun meski tren gaya hidup dan jumlah permintaan produk ramah lingkungan atau organik ini kian meningkat, Indonesia masih terbilang relatif sedikit ketersediaannya.
Melihat ada nya peluang bisnis, penelitian ini bertujuan untuk dapat merancang bisnis fesyen yang dapat menjawab kebutuhan konsumen yang menjalani gaya hidup sehat “back to nature” yaitu produk fesyen yang ramah lingkungan berbahan dasar organik. Hasil dari penelitian ini diwujudkan berupa koleksi ready-to-wear menggunakan tekstil tradisional Indonesia yaitu tenun Gedog khas Tuban Kerek yang dapat menjawab kebutuhan konsumen yaitu tekstil dengan bahan dasar organik. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif serta analisis melalui studi literatur, pencarian data jurnal, buku dan melakukan metode eksperimentasi pada material tekstil dan desain dari produk tersebut.
Kata kunci : gaya hidup sehat, kain tenun gedog, ready-to-wear