ABSTRAK
Televisi merupakan salah satu media yang berupa audio dan visual yang digunakan sebagai media periklanan. Salah satu perusahaan yang menggunakan televisi sebagai media periklanan adalah Shopee untuk mempromosikan sebuah iklannya yaitu Shopee birthday sale 12.12 dengan bekerjasama dengan salah satu girlband asal Korea Selatan Blackpink. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh terpaan iklan Televisi Shopee Versi Birthday Sale 12.12 Blackpink terhadap citra merek dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan iklan Televisi Shopee Versi Birthday Sale 12.12 Blackpink terhadap citra merek. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif menggunakan analisis deskriptif dengan menyebarkan kusioner kepada 400 responden yang pernah menonton iklan Shopee birthday sale 12.12 Blackpink. Hasil penelitian menunjukan bahwa tanggapan responden terhadap variabel Terpaan iklan sebesar 75,39% dan variabel Citra merek sebesar 79,17%. Dari hitungan koefisien determinasi didapatkan hasil sebesar 23,4% sebagai pengaruh terpaan iklan televisi Shopee birthday sale 12.12 Blackpink terhadap citra merek. Dapat disimpulkan bahwa iklan Shopee birthday sale 12.12 Blackpink memiliki pengaruh terhadap citra merek Shopee.
Kata kunci : Televisi, Terpaan iklan, Citra merek