PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, KEBIJAKAN DIVIDEN DAN RASIO AKTIVITAS TERHADAP PROFITABILITAS (Studi pada Perusahaan Manufaktur Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018)

RAHMAT FAJAR HIDAYAT

Informasi Dasar

20.04.045
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Salah satu tujuan utama perusahaan adalah mencari laba, salah satu cara nya dengan meningkatkan profitabilitas perusahaan. Profitabilitas merupakan kemampuan suatu perusahaan memperoleh laba dalam hubungannya dengan penjualan, total aktiva maupun modal sendiri. Profitabilitas memiliki tujuan tidak hanya bagi pemilik usaha atau manajemen saja, tetapi juga bagi pihak diluar perusahaan, terutama pihak-pihak yang memiliki hubungan atau kepentingan dengan perusahaan contohnya seperti investor. Profitabilitas mempunyai arti penting bagi perusahaan karena merupakan salah satu dasar untuk menilai kondisi suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage (DER), ukuran perusahaan (SIZE) kebijakan dividen (DPR), ukuran perusahaan (SIZE), dan rasio aktivitas (TATO) terhadap profitabilitas perusahaan (ROA) pada perusahaan manufaktur industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan keuangan. Laporan keuangan tersebut diambil dari website resmi Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu perposive sampling dan diperoleh 16 perusahaan dengan periode penelitian selama 5 tahun, sehingga diperoleh 80 data sampel. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software eviews 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan leverage (DER), ukuran perusahaan (SIZE), kebijakan dividen (DPR), dan rasio aktivitas (TATO) berpengaruh signifikan terhadap profitabilas perusahaan (ROA). secara parsial leverage (DER) tidak berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan. Ukuran Perusahaan (SIZE) tidak berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaaan, Kebijakan dividen (DPR) berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap profitabilitas perusahaan dan Rasio Aktivitas (TATO) berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap profitabilitas perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian ini, apabila perusahaan manufaktur berusaha untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan, maka perusahaan perlu memperhatikan rasio aktivitas dikarenakan berpengaruh positif terhadap profitabilitas perusahaan. Dan Kebijakan Dividen dikarenakan berpengaruh negatif terhadap profitabilitas Agar dapat memperoleh profitabilitas yang diharapkan perusahaan tersebut.

Kata Kunci: Kebijakan Dividen, leverage, Rasio Aktivitas Rasio, Ukuran Perusahaan

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, KEBIJAKAN DIVIDEN DAN RASIO AKTIVITAS TERHADAP PROFITABILITAS (Studi pada Perusahaan Manufaktur Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAHMAT FAJAR HIDAYAT
Perorangan
VAYA JULIANA DILLAK, DJUSNIMAR ZULTILISNA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini