FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CUSTOMER INTENTION UNTUK MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE PAYMENT DANA

LIDYA RAHMAYANI

Informasi Dasar

129 kali
20.04.102
658.834 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Peningkatan penggunaan internet di Indonesia telah mendorong teknologi internet dimanfaatkan diberbagai bidang. Pemanfaatan Financial Technology (Fintech) menjadi harapan baru untuk meningkatkan inklusi keuangan negara dengan melakukan pendalaman layanan pada masyarakat yang berstatus unbanked. Namun, penggunaan internet yang semakin pesat tidak sebanding dengan penggunaannya dibidang transaksi keuangan, yaitu hanya 0,3% untuk membayar tagihan, dan 0,9% untuk melakukan transfer uang. Meskipun berkembang, penggunaan mobile payment di Indonesia masih relatif rendah. Hal ini dikarenakan masyarakat menganggap penggunaannya masih rumit. Kemunculan DANA sebagai penyelenggara mobile payment yang baru, harus menyiapkan strategi jitu agar mampu berkompetisi dengan kompetitornya. Walaupun meningkat, namun penggunaan DANA masih rendah, hal ini didukung oleh data bahwa pada kuartal ke-2 2019, DANA mengalami penurunan dari segi download aplikasi. Berdasarkan turunnya jumlah download DANA, maka perlu diteliti faktor yang mempengaruhi niat konsumen menggunakan DANA. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki attitude terhadap implementasi mobile payment serta mengetahui faktor yang mempengaruhi attitude tersebut. Selain itu juga menyelidiki bagaimana attitude berubah menjadi intention menggunakan mobile payment. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk konklusif penelitian. Waktu penelitian dilakukan secara cross-section tanpa mengintervensi data. Faktor-faktor yang diteliti untuk mengetahui intention penggunaan mobile payment meliputi Technology Acceptance Model (TAM) yang terdiri dari faktor perceived security, perceived compatibility, perceived usefulness, perceived ease of use, dan subjectives norm serta attitude toward usage. selain itu juga terdapat penjelasan customer intention. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah quota sampling. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Form pada pengguna internet di Indonesia dengan jumlah sampel sebesar 400 responden. Sampel tersebut dibagi kedalam tiga wilayah di Indonesia, yaitu wilayah Indonesia Barat, wilayah Indonesia Tengah, dan wilayah Indonesia Timur. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang dianalisis dengan Structural Equation Modeling (SEM) Partial Least Square (PLS). Hasil dari penelitian ini adalah perceived security, perceived compatibility, perceived usefulness, perceived ease of use memiliki hubungan signifikan dan positif terhadap atiitude toward penggunaan mobile payment DANA. Sedangkan subjectives norm tidak memiliki hubungan yang signifikan dan positif terhadap attitude toward penggunaan mobile payment DANA. Kemudian attitude toward memiliki hubungan yang signifikan dan positif terhadap customer intention penggunaan mobile payment DANA.

Subjek

CONSUMEN BEHAVIOUR
 

Katalog

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CUSTOMER INTENTION UNTUK MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE PAYMENT DANA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LIDYA RAHMAYANI
Perorangan
INDIRA RACHMAWATI, SUMRAHADI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini