Abstrak
Saat ini perkembangan dunia bisnis retail di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Bisnis retail di Indonesia berkembang dari retail tradisional ke retail modern seperti pusat perbelanjaan (shopping mall), toko distro, hypermarket, supermarket dan sebagainya.Salah satu produk fashion dalam bisnis retail yang seringkali digunakan untuk membuat pakaian di Kota Bandung yaitu jeans. Jeans merupakan salah satu produk pakaian yang sangat fenomenal baik di kalangan pria maupun wanita. Evolusi jeans pun terus berkembang di Kota Bandung hingga saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untu mengetahui Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Wingman Denim Bandung.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah non- probability sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari data penelitian terdahulu, buku, jurnal dan internet. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kualitas layanan positf dan signifikan yang artinya kualitas layanan mempengaruhi secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan , apabila nilai kualitas layanan dinaikkan sebesar 0,269 maka akan menaikkan loyalitas pelanggansebesar 0,269. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung 12,725 berada di daerah penerimaan H1. Hal ini berarti hipotesis kualitas layanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggandapat diterima. Penelitian ini memperkuat teori yang dikemukakan Tjiptono (2016:59) bahwa kualitas pelayanan adalah tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan pelanggan. Kualitas produk di Wingman Denim berdasarkan hasil tanggapan konsumen dapat dikatakan baik walaupun masih terdapat beberapa indikator yang perlu ditingkatkan seperti keandalan, keunikan dan gaya.
Harga produk Wingman Denim konsumen berdasarkan hasil tanggapan konsumen dapat dikatakan cukup baik. Keputusan pembelian di Wingman Denim berdasarkan tanggapan konsumen dapat dikatakan baik walaupun masih terdapat beberapa indikator yang perlu ditingkatkan seperti waktu dan metode pembayaran.Kualitas produk dan harga secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Wingman Denim berdasarkan hasi uji hipotesis yang menunjukkan nilai t hitung lebih besar dari t tabel. Kualitas produk dan harga secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Wingman Denim berdasarkan hasi uji hipotesis yang menunjukkan nilai F hitung lebih besar dari F tabel.
Kata Kunci: Kualitas Produk,Harga, Keputusan Pembelian
Abstract
At present the development of the retail business world in Indonesia is increasing every year. The retail business in Indonesia has grown from traditional retail to modern retail such as shopping malls, distro shops, hypermarkets, supermarkets and so on. One of the fashion products in retail business that is often used to make clothes in the city of Bandung is jeans. Jeans is a clothing product that is phenomenal both among men and women. The evolution of jeans continues to develop in the city of Bandung until now. The purpose of this study was to determine the Effect of Product Quality and Price on Purchasing Decisions on Bandung Wingman Denim Consumers.
This research uses quantitative research methods with descriptive research type. The data of this study were obtained by distributing questionnaires to 100 respondents. The sampling technique in this study is non-probability sampling. The data used in this study are primary data obtained from questionnaires, while secondary data are obtained from previous research data, books, journals and the internet. The data analysis technique used is descriptive and simple linear regression.
The results showed that the value of positive and significant service quality which means service quality significantly affects customer loyalty, if the value of service quality is increased by 0.269 it will increase customer loyalty by 0.269. Hypothesis test results indicate the tcount 12.725 is in the H1 reception area. This means that the service quality hypothesis has an effect on customer loyalty. This study reinforces the theory proposed by Tjiptono (2016: 59) that service quality is the expected level of excellence and control over the level of excellence to meet customer desires. The quality of products at Wingman Denim based on the results of consumer responses can be said to be good although there are still some indicators that need to be improved such as reliability, uniqueness and style.
Prices of consumer Wingman Denim products based on consumer responses can be quite good. Purchasing decisions at Wingman Denim based on consumer responses can be said to be good although there are still some indicators that need to be improved such as time and method of payment. Product quality and price partially affect the purchasing decisions on Wingman Denim based on the results of hypothesis testing which shows the value of t arithmetic is greater than t table. Product quality and price simultaneously influence the purchasing decisions on Wingman Denim based on the results of the hypothesis test that shows the calculated F value is greater than the F table.
Keywords: Product Quality, Price, Purchase Decision