Berkembangnya perguruan tinggi saat ini menyebabkan terjadinya persaingan perguruan tinggi untuk mendapatkan calon mahasiswa, dengan adanya persaingan ini perguruan tinggi melakukan sebuah aktivitas marketing yaitu dengan melakukan advertising. Aktivitas advertising yang dilakukan oleh Universitas Telkom dilakukan di sosial media karna mengikuti perkembangan yang ada.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tanggapan konsumen Universitas Telkom mengenai advertising awareness, brand awareness, brand image dan brand equity Universitas Telkom, serta untuk melihat apakah terdapat pengaruh advertising awareness pada brand awareness, brand image dan brand equity serta pengaruh brand awareness pada brand image dan brand equity, dan brand image pada brand equity di Universitas Telkom.
Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui penyebaran kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 400 calon mahasiswa Universitas Telkom dan orang tua mahasiswa Universitas Telkom. Teknik analisa data yang dilakukan adalah dengan analisis deskriptif dan SEM dengan menggunakan software AMOS 24.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan sebuah hasil yaitu advertising awareness awareness berpengaruh signifikan positif kepada brand awareness dan brand image Universitas Telkom namun advertising awareness tidak berpengaruh kepada brand equity Universitas Telkom. Brand awareness berpengaruh signifikan positif kepada brand image namun berpengaruh negatif kepada brand equity Universitas Telkom. Serta brand image berpengaruh signifikan positif kepada brand equity Universitas Telkom.
Dapat disimpulkan bahwa dari hasil uji tersebut terdapat 4 hipotesis yang diterima dan 2 hipotesis yang ditolak.