Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisata Pasca Erupsi Gunung Agung (Studi Deskriptif Pada Desa Tenganan Pegringsingan)

KETUT CHINTYA ADNYASWARI

Informasi Dasar

20.04.717
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pasca erupsi Gunung Agung, Provinsi Bali mengakibatkan menurunnya kunjungan wisata ke Kabupaten Karangasem, khususnya Desa Tenganan Pegringsingan yang masuk ke dalam zona merah. Dalam upaya meningkatkan kunjungan wisata ke Desa Tenganan Pegringsingan pasca erupsi Gunung Agung, diperlukannya strategi komunikasi. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi komunikasi Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem dalam meningkatkan kunjungan wisata ke Desa Tenganan Pegringsingan pasca erupsi Gunung Agung. Pembahasan dalam penelitian ini membahas empat tahapan, yaitu tahapan analisis dan riset dengan mengidentifikasi masalah, mengkaji tujuan, dan melakukan survey untuk mengetahui karakteristik wisatawan. Tahap perumusan kebijakan ini menentukan strategi yang akan digunakan, melakukan sosialisasi ke Desa Tenganan Pegringsingan terkait dengan strategi utama yang dilakukan, yaitu Tenganan Festival, dan menentukan target sasaran. Pada tahap perencanaan program pelaksanaan dilakukan strategi utama, dimulai dari dana, tempat, administrasi, koordinasi dengan pihak terkait, konsep acara, dan tenaga yang terlibat. Terakhir adalah tahap kegiatan komunikasi, pada tahapan ini dilakukann penyebaran informasi terkait dengan Tenganan Festival sebagai strategi utama dan melakukan kegiatan Tenganan Festival. Hasil penelitian ini menemukan strategi yang dilakukan belum dapat meningkatkan kunjungan wisata. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Desa Wisata, Perencanaan Komunikasi

Subjek

STRATEGY - COMMUNICATION
 

Katalog

Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisata Pasca Erupsi Gunung Agung (Studi Deskriptif Pada Desa Tenganan Pegringsingan)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KETUT CHINTYA ADNYASWARI
Perorangan
RENI NURAENI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini