Positioning yang dibentuk oleh sebuah brand akan menimbulkan daya ingat akan produk tersebut di benak publik karena dianggap lebih menarik diantara pesaing serta membuat publik terasosiasi dengan produk tersebut, hal tersebut yang dimanfaatkan oleh PT Amerta Indah untuk mempertahankan positioning dari Soyjoy yang telah terpilih sebagai Top Brand selama enam tahun berturut-turut dari tahun 2013 – 2019. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui positioning Soyjoy yang terdiri dari points of difference dan points of parity yang berpengaruh terhadap brand association yang terdiri dari strength, favorability, dan uniqueness pada followers Instagram @Soyjoyid. Metode penelitian yang digunakan berupa kuantitatif dengan jenis penelitian inferensial. Data telah dikolektif oleh peneliti secara online melalui kuesioner kepada 100 followers @Soyjoyid. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan metode simple random sampling. Peneliti menggunakan analisis regresi linier sederhana dalam proses analisis data yang dilakukan melalui SPSS IBM versi 22. Berdasarkan hasil analisis data maka positioning Soyjoy (X) memiliki pengaruh secara signifikan terhadap brand association sebesar 0,607 atau 60,7% sedangkan 39,3% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Kata kunci: positioning, Soyjoy, brand association