SEGMENTASI PASAR DAN PENDEKATAN ASSOCIATION RULES UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH TRANSAKSI PEMBELIAN DI WEB DAN MOBILE HOME DELIVERY APPS KFC INDONESIA

ZULHAIMI

Informasi Dasar

126 kali
20.05.029
658.802
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Fenomena perubahan perilaku belanja sebagian masyarakat, dari offline ke online di zaman sekarang mengakibatkan tumbuhnya bisnis restoran di Indonesia. Sebagai market leader restoran cepat saji di Indonesia KFC menggunakan web dan mobile apps sebagai salah satu cara untuk mempermudah hubungan dengan pelanggannya melalui layanan digital. Berdasarkan data order transaksi via web dan mobile apps, rata-rata jumlah order transaksi selama periode tahun 2018 adalah 10.208 transaksi/bulan dimana mengalami penurunan hingga 50% dari tahun 2017. Diperlukan upaya untuk mengenal karakteristik pelanggan KFC dan melihat perilaku pembelian pelanggan sehingga order transaksinya bisa meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui segmentasi pelanggan Home Delivery KFC yang diwakili oleh pemodelan LRFM (Length, Recency, Frequency, dan Monetary) dengan menggunakan algoritma K-Means. Selain itu juga mengetahui produk apa saja yang paling sering dibeli dan produk apa yang memungkinkan untuk dibeli secara bersamaan dengan pendekatan association rules. Sehingga hasil dari segmentasi ini akan digunakan sebagai usulan rekomendasi kepada KFC dalam peningkatan pembelian transaksi pada layanan web dan mobile apps. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data sekunder KFC yang berasal dari data transaksi pembelian produk KFC yang dilakukan oleh pelanggan melalui web dan mobile apps selama periode Oktober 2018 sampai Oktober 2019. Pengolahan data untuk segmentasi dan asosiasi dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS Modeler. Berdasarkan hasil pengolahan data ada 5 segmen pelanggan yang terdiri dari Platinum, High Value Loyal Customer, High Value New Customer, Potential To Lost dan Lost Customer. Evaluasi model menggunakan silhouette index dan masuk dalam kategori Good. Prioritas target segmen adalan pelanggan Platinum yang bisa dilakukan penawaran bundling product yang Highly Associated seperti Super Mantap, Super Besar 1, Fun Fries dan segmen pelanggan High Value Loyal Customer yang bisa dilakukan penawaran bundling product yang Highly Associated seperti Spaghetti Deluxe, Fish Fillet, Cream Soup dan French Fries Berdasarkan hasil penelitian, maka metode penelitian ini bisa digunakan oleh KFC sebaga metode untuk mengenal pelanggannya sehingga bisa menentukan promosi yang tepat bagi pelanggan yang melakukan transaksi di web dan mobile apps. KFC bisa melakukan behavioural targeting berdasarkan hasil dari clustering model dan association rules untuk bisa memberikan materi program promosi secara lebih targeted dan tepat sasaran

Kata Kunci : Association Rules, Clustering, RFM, Segmentasi

Subjek

Market analysis
 

Katalog

SEGMENTASI PASAR DAN PENDEKATAN ASSOCIATION RULES UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH TRANSAKSI PEMBELIAN DI WEB DAN MOBILE HOME DELIVERY APPS KFC INDONESIA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZULHAIMI
Perorangan
GADANG RAMANTOKO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • MMKI22 - ANALITIK DATA
  • MM200214 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • MMFB23 - PEMASARAN ERA DIGITAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini