Kebutuhan masyarakat Cipacing akan pelayanan kesehatan akhir – akhir ini meningkat (dikutip dari hasil wawancara dengan pihak RS Harapan Keluarga Cipacing). Sebuah rumah sakit yang baik tentunya mengutamakan mutu dan kualitas dari pelayanan pada konsumen. Di samping itu, bentuk fisik dan interior juga berperan menentukan baik/buruknya persepsi konsumen terhadap rumah sakit tersebut. Setidaknya dengan bentuk fisik dan interior dari bangunan rumah sakit yang baik akan dapat mengurangi kesan menyeramkan sehingga mempercepat proses penyembuhan. Tidak dapat dipungkiri bahwa ruang di mana seseorang akan beraktifitas dapat berpengaruh terhadap perilaku psikologis orang tersebut. Setiap ruang dalam rumah sakit akan membawa pengaruh yang cukup kuat terhadap pola tingkah laku dan sikap manusia yang beraktivitas di dalamnya. Dengan demikian desain interior yang menunjang untuk tempat pelayanan kesehatan semakin diperlukan dalam menghadapi teknologi yang semakin maju. Salah satu rumah sakit yang diangkat dalam proyek ini yaitu Rumah Sakit Umum Harapan Keluarga (RSU Harka) yang berlokasi di Cipacing, Sumedang Jawa Barat.
Kata Kunci : Rumah Sakit, tata ruang, optimalisasi.