SEGMENTASI KATEGORI REDEEM TELKOMSEL POIN UNTUK MEMBERIKAN PENAWARAN YANG TEPAT KEPADA PELANGGAN

REGHA JULIAN PRADHANA

Informasi Dasar

26 kali
20.05.057
658.872
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Saat ini Telkomsel memiliki 3 brand prabayar yaitu simPATI, kartu As dan LOOP serta 1 brand pascabayar yaitu kartuHalo. Dalam upaya mempertahankan loyalitas pelanggan agar terus menggunakan layanannya, Telkomsel menciptakan program loyalitas kepada pelanggan melalui Telkomsel POIN. Ratio pelanggan yang pernah menukarkan poinnya hanya sebesar 13% per tahun dari total pelanggan yang dimiliki Telkomsel padahal apabila dilihat dari LoS (Length of Stay)-nya pelanggan yang menukarkan poinnya memiliki rata-rata LoS sebesar 6.75 tahun dan pelanggan tidak menukarkan poinnya memiliki rata-rata LoS sebesar 3.32. Artinya apabila pelanggan tersebut pernah menukarkan poin, maka akan semakin besar kemungkinan tersebut akan lebih loyal terhadap Telkomsel. Pada Tesis ini, dilakukan penelitian menggunakan K-Means Clustering untuk mendapatkan segmen-segmen dari setiap pelanggan yang pernah melakukan aktivitas redeem Telkomsel POIN. Secara garis besar, feature yang digunakan untuk membentuk cluster adalah frekuensi redeem, jumlah poin yang di redeem, brand, tier, LoS, frekuensi redeem pada kategori tertentu, jumlah poin yang di redeem pada kategori tertentu, usia dan jenis kelamin. Selain itu untuk strategi pemasaran menggunakan marketing mix agar dapat memberikan penawaran yang sesuai dengan pelanggan. Dengan menggunakan shilouette index sebagai indikator evaluasi cluster, didapatkan index sebesar 0.4. Hasil analisis terhadap pelanggan prabayar Telkomsel di Regional Jabotabek didapatkan 5 buah cluster yaitu Potential Redeemers, Digital and High Value Redeemers, Legacy Redeemers, Merchandise Hunter dan Youth and Broadband Redeemers. Untuk strategi pemasaran yang diterapkan adalah dengan menentukan 4P yaitu Product, Price, Promotion dan Place. Product, layanan atau produk poin yang ditawarkan kepada pelanggan. Price, konversi cost yang dikeluarkan terhadap 1 poin yang ditukarkan pelanggan. Promotion, media/approach yang digunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan. Place, tempat/lokasi yang digunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan.

Kata kunci: Telkomsel POIN, Clustering, K-Means

Subjek

BUSINESS
 

Katalog

SEGMENTASI KATEGORI REDEEM TELKOMSEL POIN UNTUK MEMBERIKAN PENAWARAN YANG TEPAT KEPADA PELANGGAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REGHA JULIAN PRADHANA
Perorangan
MAYA ARIYANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • MMKI22 - ANALITIK DATA
  • MM310114 - CONSUMER BEHAVIOUR
  • MM200214 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • MMFA23 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • MMFA53 - MANAJEMEN STRATEGI
  • MM200514 - MANAJEMEN STRATEGI
  • MMFB23 - PEMASARAN ERA DIGITAL
  • MMKA12 - PERILAKU KONSUMEN
  • ELI1B3 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • EMI1B3 - MANAJEMEN PEMASARAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini