PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP CONSUMER TRUST PADA SOCIOLLA

ALFIAH INDAHSARI

Informasi Dasar

112 kali
20.04.1414
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dewasa ini seperti yang kita ketahui, teknologi informasi di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat. Terlebih saat ini teknologi memiliki peran yang cukup besar bagi jutaan masyarakat di Indonesia, yaitu membantu setiap aktivitas masyarakat terutama dalam hal pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Berkembangnya teknologi juga berpengaruh terhadap perubahan pola berbelanja konsumen. Akibatnya terjadi pergeseran tren dari berbelanja konvensional (offline) ke belanja secara digital (online) dan didukung juga dengan pengguna internet di Indonesia yang semakin meningkat. Dengan adanya hal tersebut, maka muncul berbagai macam kategori perdagangan-perdagangan elektronik di Indonesia. Salah satu nya adalah pada e-commerce yang berkategori kecantikan (kosmtetik). Saat ini, industri kosmetik dan perawatan kecantikan memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap pertumbuhan perekonomian Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel E-service Quality dan variabel Relationship Marketing terhadap variabel Consumer Trust pada Sociolla. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui penyebaran kuesioner dan analisis data menggunakan kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Sedangkan alat analisis yang digunakan dengan bantuan SPSS versi 24. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Analisis Regresi Berganda. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel E-service Quality (X1) dan Relationship Marketing (X2) berada diposisi cukup baik. Sedangkan untuk Consumer Trust (Y) berada pada kategori baik. Hasil analisis regresi linear berganda dapat disimpulkan bahwa E-service Quality (X1) dan Relationship Marketing (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Consumer Trust (Y) Sociolla baik secara parsial maupun simultan. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 73,61%. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel E-service Quality (X1) dan Relationship Marketing terhadap Consumer Trust (Y) Sociolla sebesar 73,61%/ sedangkan sisanya sebesar 26,39% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci : E-service Quality, Relationship Marketing, Consumer Trust

Subjek

Marketing
 

Katalog

PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP CONSUMER TRUST PADA SOCIOLLA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALFIAH INDAHSARI
Perorangan
TRI INDRA WIJAKSANA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini