Personal Branding Selebtwit @andihiyat menggunakan Kriteria Authentic Personal Branding

SHELLA FARADILA ROSIAN PUTRI

Informasi Dasar

20.04.1625
658.827
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini membahas mengenai Personal Branding yang digunakan oleh Selebtwit @andihiyat pada media sosial Twitter miliknya. Penulis merasa tertarik terhadap tema pemanfaatan media sosial Twitter untuk membangun Personal Branding karena proses pembentukan Personal Branding melalui Twitter merupakan hal yang efektif karena seseorang dapat masuk ke dalam jejaring komunitas virtual yang luas untuk memperkenalkan siapa dirinya serta membentuk citra diri sebagai upaya dalam menciptakan Personal Branding.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Personal Branding dari Selebtwit @andihiyat menggunakan kriteria Authentic Personal Branding. Menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam terhadap informan kunci dan informan pendukung mengenai Personal Branding serta Observasi dan dokumentasi. Analisis strategi Personal Branding dalam penelitian ini menggunakan teori Personal Branding dari Rampersad yang terdiri dari authenticity, integrity, consistency, specialization, authority, relevant, visibility, distinctiveness, persistence, goodwill, dan performance.

Pada authenticity @andihiyat nilai yang ditunjukan oleh @andihiyat berupa pengemasan konten dengan memperhatikan diksi dan rima serta imbuhan humor percintaan. karakter konten yang ia miliki yaitu mengemas sebuah peribahasa menjadi humor seperti yang dicantumkan pada bio Twitter miliknya. @andihiyat ingin dikenal sebagai selebtwit yang menjadi dirinya sendiri serta konten yang dibuat dapat menyuarakan isi hati pengikutnya. Konsistensi seorang @andihiyat dilakukan dengan cara melakukan upload konten yang bertema percintaan dan tidak kaku. Spesialisasi yang @andihiyat miliki identik dengan penampilan foto profile yang gondrong dan memakai kacamata, sedangkan spesialisasi dari konten yang @andihiyat miliki yaitu mengemas peribahasa menjadi humor. @andihiyat dikenal sebagai seseorang yang berpengalaman karena ia pernah diundang sebagai public speaker dalam acara #RameDiTwitter.

Terdapat perbedaan pada konten @andihiyat yaitu pengemasan peribahasa menjadi sebuah humor serta menyelipkan unsur percintaan. @andihiyat mengahasilkan konten relevan relate dengan perasaan para pengguna media sosial Twitter. Supaya pengikutnya aware dengan konten dan ciri khas yang dimilikinya @andihiyat menyematkan tweet pada profil Twitternya. @andihiyat dikenal dari social campaign dengan menggunakan hashtag. Kegigihan @andihiyat dapat dilihat dari pembuatan konten selama 1-3 hari untuk hasil konten yang lebih baik. @andihiyat menjaga hubungan terhadap followersnya dengan cara memposisikan diri sebagai seorang teman. Hal yang ia lakukan adalah dengan cara membalas replay, direct massage, dan follow back. @andihiyat selalu mengevaluasi karyanya dengan melakukan sebuah research. KATA KUNCI: Personal Branding, Selebtwit, Twitter, New Media.

Subjek

BRANDING
 

Katalog

Personal Branding Selebtwit @andihiyat menggunakan Kriteria Authentic Personal Branding
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SHELLA FARADILA ROSIAN PUTRI
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini