PENGARUH WEBSITE QUALITY TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN DIMENSI SHOPPING VALUE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Konsumen E-commerce Shopee)

AINA KEMALA DEWI

Informasi Dasar

20.04.2965
658.562
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Masyarakat pada zaman sekarang ini tidak dapat terpisahkan dengan teknologi, yang mana menyebabkan bisnis e-commerce dapat berkembang secara pesat khususnya di Indonesia. Berkembangnya e-commerce secara pesat di Indonesia membuat masyarakat cenderung lebih konsumtif, dan dapat mendorong pembelian secara spontan dari konsumen yang memiliki perilaku impulse buying. Impulse buying yang dilakukan oleh konsumen dapat berasal dari beberapa faktor diantaranya website quality, dan dimensi shopping value yang terdiri dari hedonic value dan utilitarian value. Salah satu website e-commerce yang banyak diminati di Indonesia adalah Shopee. Penelitian ini meneliti pengaruh website quality terhadap impulse buying pada konsumen e-commerce Shopee di Indonesia dengan dimensi shopping value sebagai variabel mediasi yang terdiri dari hedonic value dan utilitarian value. Jenis penelitian yang digunakan adalah kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan kuesioner. Populasi penelitian terdiri dari konsumen yang pernah menggunakan dan melakukan transaksi minimal sekali pada website e-commerce Shopee, sedangkan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 385 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Jalur dengan menggunakan program SPSS versi 20 dan perhitungan Uji Sobel untuk melihat adanya pengaruh mediasi. Hasil penelitian menunjukan pengaruh website quality terhadap impulse buying berpengaruh signifikan secara parsial dengan nilai t hitung 5,129 > 1,966, pengaruh website quality terhadap dimensi shopping value berpengaruh signifikan secara parsial dengan t hitung 17,812 > 1,966, pengaruh dimensi shopping value terhadap impulse buying berpengaruh signifikan secara parsial dengan nilai t hitung 8,964 > 1,966. Serta dimensi shopping value memiliki pengaruh mediasi pada website quality terhadap impulse buying.

Subjek

CONSUMER BEHAVIOUR
 

Katalog

PENGARUH WEBSITE QUALITY TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN DIMENSI SHOPPING VALUE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Konsumen E-commerce Shopee)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AINA KEMALA DEWI
Perorangan
Indira Rachmawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini