ABSTRAK
Hotel kapsul telah menjadi pilihan baru bagi masyarakat yang menginginkan penginapan dengan value dan pengalaman yang baru dengan tarif lebih terjangkau. Salah satu hotel kapsul di Indonesia adalah Bobobox. Dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini, Bobobox melakukan strategi komunikasi pemasaran dengan memanfaatkan media sosial yaitu Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Bobobox melalui media sosial Instagram dalam meningkatkan brand awareness. Penelitian ini menggunakan metodologi pendekatan kualitatif deskriptif serta didukung oleh paradigma post-positivistik untuk mengetahui persepsi subjektif dari tiap informan yang berhubungan dengan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat strategi pesan dan strategi media yang digunakan Bobobox pada komunikasi pemasarannya melalui media sosial Instagram. Pada Instagram Bobobox @boboboxid menggunakan unsur rasional dan emosional dalam proses penyampaian pesannya. Selain itu pemilihan media Instagram berdasarkan segmentasi dari target pasar Bobobox. Dari semua strategi komunikasi pemasaran yang telah digunakan oleh Bobobox melalui media sosial Instagramnya yaitu @boboboxid, Bobobox telah mencapai tingkatan top of mind dimana konsumen telah mendapatkan value atau nilai yang ditawarkan oleh Bobobox.
Kata kunci: hotel kapsul, strategi, komunikasi pemasaran, media sosial, dan kesadaran merek.