PENGARUH EARNING PER SHARE, RETURN ON ASSET, DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar dalam Kelompok Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018)

ARI EKA HERVENI

Informasi Dasar

20.04.3110
332.632 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Dalam lingkungan bisnis, manajemen perusahaan memiliki informasi yang berbeda mengenai perusahaan dibandingkan investor. Perbedaan informasi ini menyebabkan investor memberikan harga yang berbeda-beda terhadap saham perusahaan. Manajemen dapat meningkatkan harga sahamnya dengan cara mengurangi informasi asimetri dengan mempublikasikan laporan keuangan. Penelitian ini dilakukan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham pada 29 perusahaan yang terdaftar dalam indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018 yang dipilih dengan menggunakan teknik sampling purposive sampling. Faktor-faktor yang digunakan penelitian ini adalah Earning per Share (EPS), Return on Asset (ROA), dan Debt to Equity Ratio (DER). Metode analisis penelitian ini adalah regresi data panel dengan menggunakan metode Fixed Effect Method menggunakan program Eviews 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ROA, dan DER secara simultan mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap harga saham. Berdasarkan uji parsial ROA berpengaruh positif secara signifikan terhadap harga saham, sedangkan EPS dan DER tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Berdasarkan hasil penelitian, maka untuk meningkatkan harga saham, perusahaan yang terdaftar dalam Indeks LQ45 sebaiknya memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi Return on Asset (ROA).

Kata Kunci: Earning per Share (EPS), Debt to Equity Ratio (DER), Harga Saham, Return on Asset (ROA).

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH EARNING PER SHARE, RETURN ON ASSET, DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar dalam Kelompok Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARI EKA HERVENI
Perorangan
Deannes Isynuwardhana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • SA833046 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini