Dengan adanya Unit Layanan Terpadu (ULT), tenaga kerja pendidikan mendapatkan sarana informasi yang tepat. Pendidikan sangat lah penting bagi pelajar maupun tenaga pelajar, pendidikan itu sendiri dinaungi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam segala aspeknya. Dalam setiap lembaga tentunya mempunyai strategi khusus untuk perancanaan dalam penyampaian pesan agar memenuhi kebutuhan informasi kepada masyarakat. Dengan adanya Unit Layanan Terpadu (ULT) di Kemendikbud jakarta, pendidikan dan tenaga kerja pendidikan mendapatkan sarana informasi baik secara langsung maupun tidak langsung. Pendidikan sangat lah penting bagi pelajar maupun tenaga pelajar, maka ULT membutuhkan strategi komunikasi dalam penyampaian informasi kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahagaimana strategi komunikasi yang dilakukan Unit Layanan Terpadu (ULT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta dalam upaya memenuhi kebutuhan informasi kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif berdasarkan pandangan post—positivisme. Dalam hal mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan teknik wawancara secara mendalam dan juga observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Unit Layanan Terpadu (ULT) Kemendikbud Jakarta sudah melakukan strategi komunikasi dengan baik, langkah strategi komunikasi yang dilakukan oleh ULT Kemendibud adalah dengan menggunakan tahapan perumusan masalah, tahapan penetapan strategi komunikasi, tahapan strategi komunikasi dan tahapan evaluasi.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Komunikasi Lembaga, Unit Layanan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.