Different looks merupakan bisnis yang akan dibuka dan bergerak dalam bidang jasa
perawatan sepatu. Untuk mengetahui bagaimana bisnis tersebut dapat memberikan
peluang dan juga bertahan dalam persaingan, maka diperlukan strategi bisnis untuk
mengevaluasi seluruh aspek bisnis yang dijalankan pada bisnis perawatan sepatu.
Oleh karena itu, maka dibutuhkan adanya analisis terhadap model bisnis perawatan
sepatu sehingga dapat dilakukan perancangan dan juga melakukan improvement
terhadap model bisnis tersebut. Perancangan model bisnis Different Looks pada
penelitian ini dilakukan dengan pendekatan business model canvas. Penelitian
diawali dengan melakukan benchmark terhadap beberapa bisnis perawatan sepatu
yang sudah berjalan dengan menggunakan data dari studi literatur untuk mengetahui
model bisnis eksisting dari bisnis perawatan sepatu, kemudian melakukan customer
profiling yang didapatkan dari hasil wawancara, setelah itu dilakukan analisis
lingkungan bisnis menggunakan data dari studi literatur, dan kemudian dilakukan
wawancara terhadap pemilik bisnis untuk mengetahui aspirasi bagi bisnisnya.
Setelah itu dilakukan analisis SWOT untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan ,
peluang, dan ancaman serta dapat merancang strategi bagi model bisnis yang akan
diusulkan. Setelah itu dilakukan perancangan value proposition yang kemudian
dilakukan proses penyesuaian antara value proposition dengan customer profile.
Hasil dari penelitian ini berupa model bisnis usulan dengan pendekatan business
model canvas yang ditujukan untuk pihak Different Looks.