Abstrak
Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menciptakan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata. AR melengkapi dunia nyata dengan benda-benda virtual yang telah dihasilkan komputer dan terlihat hidup berdampingan di ruang yang sama dengan dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk membantu pihak Podomoro Park, khususnya divisi promosi dalam memasarkan produknya dengan menggunakan aplikasi berteknologi AR dan dilengkapi dengan tampilan desain grafis yang sudah memenuhi konsep desain UI/UX. Aplikasi ini dapat dioperasikan pada sistem android, aplikasi AR ini akan melacak atau mendeteksi image target/marker (penanda), setelah itu objek 3D rumah akan muncul diatas marker dan sistem dapat menampilkan eksterior dan interior rumah dan juga terdapat teks informasi singkat mengenai tipe rumah. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan potensi ketertarikan calon pembeli di perumahan Podomoro Park Bandung, karena sejauh ini sistem promosi yang digunakan oleh pihak perusahaan masih mengandalkan kinerja sales, maket dan brosur sebagai perangkat pendukung.
Kata Kunci: Augmented Reality, Aplikasi, Desain UI/UX, Promosi.