PERANCANGAN BACKEND BUKU KOMUNIKASI DIGITAL SECARA ONLINE ANTARA GURU DENGAN ORANGTUA SISWA BERBASIS REST API (Studi Kasus: Sekolah Binekas Bandung)

MUHAMMAD VALIAN MASDANI

Informasi Dasar

20.06.432
004.6
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Beberapa metode komunikasi antara orangtua siswa dengan guru secara digital dan online telah diimplementasikan dan dijadikan kanal komunikasi agar orangtua siswa terus mendapatkan informasi tentang perkembangan anaknya dari jarak jauh. Metode komunikasi yang biasanya digunakan antara lain adalah telepon genggam seluler, SMS, email, Skype, dan lain-lain. Hal tersebut menyebabkan banyaknya ketidaksinambungan antara preferensi setiap orangtua siswa dalam memilih metode komunikasi untuk mendapatkan informasi keadaan anaknya di sekolah. Sekolah Playschool Binekas Bandung sudah memiliki metode komunikasi antara orangtua siswa dengan guru menggunakan buku komunikasi yang berfungsi untuk melakukan pemantauan perkembangan anak setiap harinya, namun sistemnya masih dilakukan secara offline dengan perantara kertas, sehingga orang tua tidak dapat mendapatkan informasi apa saja kegiatan yang dilakukan oleh anaknya di sekolah secara langsung. Untuk menyelesaikan beberapa masalah tersebut, pada proyek akhir ini telah dibahas tentang perancangan dan implementasi suatu online computer meditated communication platform berbasis REST API dengan framework Lumen yang berperan sebagai wadah komunikasi khusus antara orangtua siswa dengan guru Playschool Binekas yang dapat diakses secara mobile melalui internet. Dalam audit performa yang dilakukan dengan Google Lighthouse, frontend web yang telah dibuat untuk user interface pada proyek akhir ini mendapat nilai performance 63/100, accessibility 92/100, best practices 93/100, SEO 91/100, dan PWA (Progressive Web App) compliant. Untuk pengujian kualitatif menggunakan UEQ (User Experience Questionnaire) mendapat 6.7/7 attractiveness, 6.7/7 perpiscuity, 6.4/7 efficiency, 6.5/7 dependability, 6.8/7 stimulation, dan 6.8/7 novelty.

Subjek

INTERFACING COMMUNICATIONS
 

Katalog

PERANCANGAN BACKEND BUKU KOMUNIKASI DIGITAL SECARA ONLINE ANTARA GURU DENGAN ORANGTUA SISWA BERBASIS REST API (Studi Kasus: Sekolah Binekas Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD VALIAN MASDANI
Perorangan
Yuyun Siti Rohmah, Rohmat Tulloh
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • DTG1K1 - BENGKEL INTERNET DAN PEMROGRAMAN WEB
  • DTG1F3 - DASAR TEKNIK KOMPUTER DAN PEMROGRAMAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini