Perkembangan era digital pada industri jasa keuangan semakin pesat membuat banyak pelaku ekonomi memanfaatkannya sebagai tools untuk mengembangkan bisnisnya. Tren cashless society yang digalakkan pemerintah membuat semakin berjamurnya platform dompet digital. Aplikasi dompet digital diciptakan untuk memberikan kemudahan pengguna (user) dalam bertransaksi. Selain kemudahan, pengalaman yang baik menjadi salah satu faktor penting untuk mempertahankan pengguna untuk tetap menggunakan aplikasi dompet digital.
Go-Pay, OVO, DANA, dan LinkAja merupakan empat platform digital wallet dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Keempat digital wallet tersebut bergerak di bidang yang sama, memberikan variasi pelayanan yang sama dan memiliki target pasar yang sama sehingga persaingan diantara keempat digital wallet tersebut semakin ketat. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan user experience terhadap digital wallet Go-Pay, OVO, DANA, dan LinkAja. Pengukuran user experience pada penelitian ini menggunakan HEART Metrics dengan sub-variabel Happiness, Engagement, Adoption, Retention¸dan Task Success.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif komparatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 405 responden yang merupakan mahasiswa Bandung pengguna digital wallet Go-Pay, OVO, DANA, dan LinkAja. Penyebaran kuesioner dilakukan secara online melalui media sosial dan instant messanger.
Berdasarkan hasil uji Kruskall Wallis H yang kemudian dilanjutkan dengan menggunakan uji Mann-Whitney U, diketahui bahwa tidak semua aplikasi digital wallet Go-Pay, OVO, DANA, dan LinkAja memiliki perbedaan User experience yang signifikan pada mahasiswa Bandung.
Kata Kunci: User experience, HEART metrics, Digital wallet.