PENGEMBANGAN MOTIF BATIK KANAKA YANG DIAPLIKASIKAN MENJADI PRODUK BUSANA SERAGAM UNTUK KOMUNITAS PPI ISHIKAWA JEPANG

AMIRAH HUSNA AL HABIB

Informasi Dasar

20.04.3571
646.407 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Batik Kanaka merupakan batik baru yang hadir dari hasil sayembara desain batik yang diadakan oleh komunitas PPI Ishikawa, Jepang pada tahun 2017 untuk membuat ikon komunitas berupa seragam. Namun, sampai saat ini Batik Kanaka belum direalisasikan menjadi seragam resmi komunitas karena adanya kendala dalam mendata seluruh anggota komunitas untuk proses produksi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Batik Kanaka dimulai dari membuat variasi motif, membatik dengan teknik menggambar pointilis sampai menjadi produk busana berupa seragam deluxe untuk jajaran pengurus komunitas.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan mengumpulkan data dari studi literatur, wawancara, observasi dan melakukan eksplorasi. Data yang dikumpulkan yaitu mengenai Batik Kanaka, PPI Ishikawa Jepang, seragam dan teknik pointilis. Data tersebut menjadi acuan dalam pembuatan eksplorasi awal, lanjutan sampai yang terpilih.

Hasil dari eksplorasi yang telah dilakukan dengan membuat stilasi, komposisi dan pewarnaan, yaitu pengembangan motif Batik Kanaka yang mempertimbangkan prinsip berupa single motif (river side pattern) menggunakan teknik pointilis. Motif tersebut diaplikasikan dengan membatik tulis berupa kumpulan titik yang menyebar kemudian ditumpuk setiap setelah pewarnaan kain untuk menciptakan gradasi berwarna terang sampai gelap. Kemudian, hasil kain diterapkan ke dalam produk busana yang terinspirasi dari Kimono dirancang berupa seragam formal.

Kata kunci: Batik Kanaka, motif, pointilis, PPI Ishikawa Jepang, seragam

Subjek

PATTERN DESIGN
 

Katalog

PENGEMBANGAN MOTIF BATIK KANAKA YANG DIAPLIKASIKAN MENJADI PRODUK BUSANA SERAGAM UNTUK KOMUNITAS PPI ISHIKAWA JEPANG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AMIRAH HUSNA AL HABIB
Perorangan
MORINTA ROSANDINI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Kriya
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini