Data merupakan sebuah aset terpenting di perusahaan yang digunakan sebagai kunci dalam pengambilan keputusan baik untuk operasional perusahaan maupun untuk kebutuhan bisnis. Data yang digunakan tentunya tidak diambil dari satu sumber basis data saja, melainkan dari berbagai basis data yang ada pada perusahaan dan di integrasikan agar menjadi satu kesatuan. Namun, kendala muncul ketika proses integrasi dilakukan, yaitu adanya duplikasi data dengan format penulisan yang berbeda tetapi data tersebut merupakan data yang sama. Permasalahan yang terjadi dapat dikurangi bahkan dihilangkan dengan cara menerapkan tata kelola data yang baik. Salah satu proses pada tata kelola data yaitu data quality management Proses tersebut dapat menjadi pondasi dibuatnya sebuah data quality management karena kualitas data menjadi masalah pada akademis dan professional. Hal ini terkait dengan kualitas data yang buruk mengakibatkan informasi yang tidak akurat dan dapat membahayakan organisasi. Menyatakan dua masalah yang paling umum disebabkan oleh kualitas data yang buruk, Pertama adalah mengenai waktu tambahan yang diperlukan untuk rekonsiliasi data. Yang kedua mengenai hilangnya keandalan dalam sistem atau aplikasi karena ada kesalahan. Penelitian ini berfokus pada analisis pada methodologies kualitas data dengan guidelines dan techniques yang dirancang untuk penilaian pengukuran dan peningkatan kualitas data dalam aplikasi atau organisasi yang dirancang berdasarkan Data Management Body of Knowledge dan Process Assessment Model sehingga dapat mengukur dan mengidentifikasi kelemahan dan memilih strategi dapat pengingkatan kualitas data agar data yang dimiliki perusahaan tersebut tetap terjaga konsistensinya dan memiliki kualitas data yang baik.
Kata Kunci: Tata Kelola Data, Methodologies, Guidelines, Techniques, Data Quality Management, Data Management.