Pengaruh Variabel Makro dan Mikro Ekonomi Terhadap Return Sahan (Studi pada perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018)

ALDA DHIA MAAJID

Informasi Dasar

20.04.3795
332
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Indeks saham LQ45 yaitu merupakan salah satu saham yang aktif sehingga terus-menerus dapat mengalami perubahan harga. Saham LQ45 memiliki risiko terendah dibandingkan saham-saham lain yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) karena kinerja saham tersebut bagus. Saham LQ45 juga akan dipantau enam bulan sekali dan tentunya saham yang bertahan yaitu saham yang memenuhi kriteria Bursa Efek Indonesia (BEI), oleh karena itu BEI mempunyai komite penasihat yang terdiri dari para ahli di BAPEPAM, Universitas dan Profesional di bidang pasar modal. Pada tahun 2015, indeks saham LQ45 lebih tinggi dari pada IHSG. Seharusnya IHSG berada pada posisi yang lebih tinggi daripada indeks lainnya dikarenakan IHSG yang menghimpun seluruh saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), sedangkan LQ45 hanya menghitung indeks dari 45 saham yang di seleksi. Hal yang menyebabkan IHSG lebih rendah dari indeks lainnya karena harga saham yang turun namun tidak masuk dalam kategori indeks LQ45 seperti SMTT, TAXI, BRMS, dan lain-lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang diduga memengaruhi return saham. Variabel yang diduga memengaruhi return saham adalah inflasi, NPM (Net Profit Margin), dan PER (Price Earning Ratio). Penelitian ini menggunakan metode data panel dan analisis deskriptif yang diolah dengan Eviews 9. Sampel perusahaan yang digunakan adalah 26 perusahaan yang konsisten pada indeks LQ45 dengan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini adalah inflasi tidak berpengaruh terhadap return saham, sedangkan NPM (Net Profit Margin), dan PER Price Earning Ratio) berpengaruh positif terhadap return saham.

Kata kunci: inflasi, NPM, PER, return saham, indeks saham LQ45

Subjek

FINANCE
 

Katalog

Pengaruh Variabel Makro dan Mikro Ekonomi Terhadap Return Sahan (Studi pada perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALDA DHIA MAAJID
Perorangan
Khairunnisa S.E.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • SA833046 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini