PERUMUSAN STRATEGI STARTUP SMASH.ID DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN QUANTITATIVE PLANNING MATRIX (QSPM)

MUHAMMAD FAUZAN ADIPUTRA

Informasi Dasar

20.04.3906
338.762
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Permasalahan sampah merupakan permasalahan serius yang harus dihadapi Indonesia. Volume sampah di Indonesia sangat mengkhawatirkan, hal tersebut disebabkan karena volume sampah terus meningkat setiap tahunnya dan berdampak buruk bagi lingkungan hidup. Indonesia menempati urutan kedua sebagai negara penyumbang sampah plastik ke laut terbesar. Salah satu upaya penanganan sampah yang efektif dan efisien adalah dengan sistem bank sampah. Sebagai upaya dalam meningkatkan peran bank sampah dalam penanganan dan pengelolaan sampah di Indonesia. Startup Smash mengembangkan sistem bank sampah ke dalam platfom digital yang terintegrasi secara nasional untuk memudahkan pengguna, dalam pengelolaan sampah lebih masif. Sejak diluncurkan pada tahun 2015, perkembangan startup Smash meningkat baik dari segi traksi dan teknologi. Seiring dengan perkembangan tersebut startup Smash perlu merencanakan alternatif strategi yang dapat mendukung pertumbuhan startup Smash lebih tinggi. Dalam menentukan alternatif strategi, startup perlu mengevaluasi faktor lingkungan internal menggunakan matriks IFAS dan faktor lingkungan ekternal menggunakan matriks EFAS kemudian dapat diperoleh alternatif strategi berdasarkan posisi bisnis startup berdasarkan pendekatan matriks McKinsey GE. Penentuan alternatif startegi terpilih menggunakan pendekatan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil dari penelitian ini terdapat 14 indikator variabel internal dan 25 indikator variabel ekternal yang berpengaruh dalam penentuan alternatif strategi startup Smash. Berdasarkan hasil penelitian, nilai matriks IFAS sebesar 3.250 dan nilai matriks EFAS sebesar 2.897, berdasarkan kedua nilai tersebut posisi bisnis startup Smash dengan menggunakan matriks GE McKinsey berada pada kuadran IV yaitu tumbuh selektif. Dari hasil penggunaan Quantitative Strategic Planning Matriks (QSPM), alternatif strategi yang terpilih adalah investasi besar pada segmen paling menarik dengan nilai total Total Attractiveness Score (TAS) sebesar 7.895.

Kata Kunci : IFAS, EFAS, Matriks McKinsey GE, QSPM, Startup

Subjek

BUSINESS STRATEGY-MANAGEMENT
 

Katalog

PERUMUSAN STRATEGI STARTUP SMASH.ID DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN QUANTITATIVE PLANNING MATRIX (QSPM)
 
x, 173p.; il.: pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD FAUZAN ADIPUTRA
Perorangan
SARI WULANDARI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • IEH4FE3 - MANAJEMEN STRATEGI
  • IEH2E3 - PENELITIAN OPERASIONAL 1
  • IEH2L3 - PENELITIAN OPERASIONAL 2
  • IEH4FD3 - RISET PEMASARAN
  • IEH4FC3 - STRATEGI PEMASARAN
  • IEH4H4 - TUGAS AKHIR
  • IEI2G3 - PENELITIAN OPERASIONAL 1
  • IEI2P3 - PENELITIAN OPERASIONAL 2
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • IEI5H3 - RISET PEMASARAN
  • IEI5R3 - STRATEGI PEMASARAN
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini