PENERAPAN MODEL BISNIS SUBSCRIPTION UNTUK FITUR LOYALITAS PELANGGAN PADA START UP FOODRITIOUS

ENGLA RAAFI

Informasi Dasar

20.04.3962
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Foodritious merupakan aplikasi berbasis website yang berfokus pada mengatur pola makan sehat di masyarakat. Saat ini, beberapa program catering makanan sehat telah hadir dikalangan masyarakat yang bertujuan untuk mengubah pola hidup sehat. Berdasarkan survei kuesioner yang telah dilakukan, sebanyak 31,5% masyarakat komplain terhadap program catering sehat yang disebabkan beberapa faktor seperti kurangnya respon dari penyedia layanan, tidak adanya rasa nyaman atas layanan, dan tidak tau perubahan yang dialami customer saat menggunakan jasa catering makanan sehat yang menyebabkan customer tidak percaya dan tidak ingin melanjutkan program catering diet sehat, sehingga penulis merancang sebuah fitur aplikasi Foodritious untuk membantu masyarakat mendapatkan makanan yang sehat dikonsumsi, informasi kandungan pada makanan yang dikonsumsi, cara membuat makanan sehat, hingga informasi pola makan yang dibutuhkan oleh tubuh serta dapat berkomunikasi secara online bersama ahli gizi.

Foodritious merancang fitur untuk mempertahankan loyalitas customer, agar customer tidak bosan dan mengetahui perubahan yang dialami ketika berlanggan dengan Foodritious. Fitur yang dirancang berdasarkan model bisnis subscription adalah Getritious dan Chatting Bersama ahli gizi. Getritious adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk berlangganan produk Foodritious. Customer juga dapat melakukan komunikasi online bersama ahli gizi melalui fitur chatting. Tujuan peneliti dalam merancang fitur Getritious dan Chatting ahli gizi menggunakan subscription models adalah mengetahui tingkat loyalitas customer serta memahami cara kerja subscription models.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Kuantitatif untuk mengetahui requirement customer dan untuk merancang fitur Getritious dan Chatting bersama ahli gizi menggunakan Metode Incremental. Metode penelitian kuantitatif mudah untuk digunakan karena pengujian dapat menggunakan data real responden sehingga sesuai dengan topik Tugas Akhir peneliti. Proses pengumpulan v

data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang terstruktur, seperti kuesioner. Untuk perancangan fitur menggunakan incremental karena dikerjakan secara urut dan sistematis, mengutamakan fungsi sistem software, proses pengembangan yang dipecah ke beberapa tahap sehingga memudahkan proses pengembangan aplikasi dengan requirement yang dapat berubah secara dinamis.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini berupa fitur langganan customer yaitu Getritious dan fitur chatting yang dapat digunakan untuk melakukan komunikasi online bersama ahli gizi.

Kata kunci: Foodritious, Model Bisnis Berlangganan, Fitur Loyalitas.

Subjek

INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

PENERAPAN MODEL BISNIS SUBSCRIPTION UNTUK FITUR LOYALITAS PELANGGAN PADA START UP FOODRITIOUS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ENGLA RAAFI
Perorangan
Rachmadita Andreswari, Muharman Lubis
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini