Pembuatan Animasi pada Implementasi Teknologi Augmented Reality (AR) Sebagai Media Pembelajaran Aksara Sunda untuk Sekolah Menegah Pertama

MUHAMMAD IHSAN RABBANI

Informasi Dasar

70 kali
20.04.4064
741.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Proses pembelajaran aksara Sunda saat ini sudah ada dalam pendidikan formal, khususnya di daerah Jawa Barat. Pada umumnya siswa mendapatkan materi pembelajaran aksara Sunda dengan metode pembelajaran yang masih konvensional, tidak menggunakan teknologi yang sudah ada. Untuk memudahkan proses pembelajaran dibutuhkan pemanfaatan teknologi yang sudah ada seperti teknologi Augmented Reality (AR). Pada aplikasi yang menggunakan teknologi AR ini ada beberapa fitur yang dapat diaplikasikan, salah satunya animasi yang memudahkan siswa dalam memahami materi cara penulisan aksara Sunda. Pembuatan animasi cara penulisan aksara Sunda menggunakan metode Pipeline yang menggunakan tiga proses pengerjaan, pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Animasi cara penulisan aksara Sunda yang dibuat berjumlah 53 dengan rincian 23 animasi ngalagena, 10 animasi rarangken, 10 animasi angka, dan tujuh animasi swara. Seluruh animasi telah diuji fungsionalitasnya dan berjalan dengan baik, serta diuji kelayakannya menggunakan metode skala likert dan masuk kedalam kategori layak

Kata kunci: aksara sunda, augmented reality (AR), animasi, pipeline

Subjek

Animasi
 

Katalog

Pembuatan Animasi pada Implementasi Teknologi Augmented Reality (AR) Sebagai Media Pembelajaran Aksara Sunda untuk Sekolah Menegah Pertama
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD IHSAN RABBANI
Perorangan
Anang Sularsa, Entik Insanudin
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • SMH1C4 - ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
  • SMH2B3 - TEKNOLOGI MULTIMEDIA
  • SMH1D3 - VISUALISASI DAN ANIMASI 2D
  • SMH2I3 - VISUALISASI DAN ANIMASI 3D

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini