PERANCANGAN KONTEN E-LEARNING PADA KEGIATAN PEMBUATAN DAN PEMASANGAN KUBAH MASJID DI PERUSAHAAN TIGA BERLIAN DENGAN METODE SECI DAN ADDIE

BIMA DWICA ANANTO

Informasi Dasar

20.04.4101
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perusahaan Tiga Berlian adala perusahaan yang bergerak di bidang baja berat dan baja ringan seperti pembuatan teralis, paga besi, dan kubah masjid. Salah satu produk yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dalam pembuatan adalah kubah masjid. Pada kondisi saat ini, perusahaan memiliki masalah dengan belum adanya dokumentasi knowledge yang dapat membantu proses bisnis di perusahaan. Hal ini mengakibatkan ketika terdapat pekerja baru ingin mempelajari proses pembuatan kubah masjid tetapi tidak memiliki dokumentasi panduan pembuatan kubah masjid akan memperlama pekerja baru untuk dapat mengerti proses pembuatan dan pemasangan kubah masjid. Oleh karena itu dibutuhkan dokumentasi knowledge untuk membantu proses bisnis perusahaan yang berupa media pembelajaran e-learning.

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan konten *e-learning* pada kegiatan pembuatan dan pemasangan kubah masjid. Penelitian ini dirancang menggunakan metode ADDIE (*Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation*) dan metode SECI (*Socialization, Externalization, Combination, Internalization*). Penggunaan metode ADDIE adalah untuk membantu dalam perancangan e-learning nya, sedangkan metode SECI digunakan untuk menggali knowledge yang dimiliki oleh pekerja dan ahli yang telah memiliki pengalaman dalam proses pembuatan dan pemasangan kubah masjid.

Pada tahap evaluasi dilakukan pengujian hasil nilai sebelum menggunakan *e-learning* dan sesudah menggunakan *e-learning*, pengujian dilakukan menggunakan uji *paired t-test* karena akan membandingkan 2 sampel berpasangan. Hasil dari pengujian menggunakan uji *paired t-test*, didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum menggunakan *e-learning* dan sesudah menggunakan *e-learning*.

Subjek

Knowledge - management
 

Katalog

PERANCANGAN KONTEN E-LEARNING PADA KEGIATAN PEMBUATAN DAN PEMASANGAN KUBAH MASJID DI PERUSAHAAN TIGA BERLIAN DENGAN METODE SECI DAN ADDIE
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BIMA DWICA ANANTO
Perorangan
Amelia Kurniawati, Afrin Fauzya Rizana
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2020

Koleksi

Kompetensi

  • IEH4K3 - MANAJEMEN PENGETAHUAN
  • IEI4T3 - MANAJEMEN PENGETAHUAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini