Proses Inkubasi Bisnis dalam Mengembangkan Wirausaha Berbasis Teknologi di Perguruan Tinggi (Studi Kasus di Bandung Techno Park, Universität Telkom)

INA SINARYANTI

Informasi Dasar

20.05.136
338.04
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

ABSTRAK

Inkubator bisnis di Indonesia mengalami perkembangan khususnya inkubator bisnis di bawah naungan perguruan tinggi. Perkembangan terjadi seiring dengan adanya pertumbuhan ekonomi digital. Namun dalam realitanya inkubator bisnis universitas memiliki berbagai kendala seperti sumber daya manusia, modal, fasilitas, potensi pasar dan regulasi. Selain itu, startup yang terserap pasar setelah keluar dari inkubasi tergolong masih sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kendala yang menghambat startup untuk terserap pasar setelah lulus dari inkubator. Sehingga dapat membantu mengembangkan maupun memperbaiki proses inkubasi di Perguruan Tinggi. Proses evaluasi mencakup tahapan dalam inkubator meliputi pre incubation, main incubation, dan post incubation. Aspek-aspek tersebut dilakukan penganalisaan untuk melihat proses pembelajaran yang diselenggarakan oleh inkubator. Proses penelitian menggunakan metodologi kualitatif dengan wawancara mendalam untuk pengambilan data. Narasumber yang terlibat dalam penelitian ini adalah pengelola inkubasi yang terdiri dari 3 orang dan tenant yang sudah memiliki pengalaman inkubasi di Bandung Techno Park yang terdiri dari 7 orang. Adapun pengambilan data lainnya dilakukan dengan pengumpulan data sekunder. Penelitian ini meliputi kriteria, tahapan, proses pembelajaran, fasilitas, kelulusan, program setelah kelulusan hingga pada dampaknya. Berdasarkan hasil analisis semua aspek tersebut menyebutkan bahwa startup yang terserap oleh pasar tidak hanya mengandalkan inkubator melainkan keinginan kuat dari startup-nya sendiri. Adapun beberapa kriteria yang masih harus dibenahi baik itu dalam penerimaan maupun kelulusan dari inkubator. Kesimpulannya bahwa inkubator Bandung Techno Park dalam masih memiliki kekurangan dalam proses pre incubation dan post incubation. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi alat ukur evaluasi pembelajaran di inkubator. Selain itu, hasilnya dapat menjadi panduan dalam pengelolaan inkubasi kedepannya. Penelitian ini juga dapat menjadi stimulus untuk perkembangan inkubator terkhusus untuk proses pembelajaran.

Kata kunci: inkubator bisnis, inkubator bisnis perguruan tinggi, proses inkubasi, pembelajaran inkubasi, entrepreuner

Subjek

1 ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

Proses Inkubasi Bisnis dalam Mengembangkan Wirausaha Berbasis Teknologi di Perguruan Tinggi (Studi Kasus di Bandung Techno Park, Universität Telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

INA SINARYANTI
Perorangan
Astri Ghina
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • ELI2H6 - TESIS
  • EMI2H6 - TESIS
  • CII733 - TESIS
  • TTI7Z4 - TESIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini