ABSTRAK
Pada zaman di era globalisasi ini persaingan bisnis semakin ketat, apa lagi dengan
berkembangnya teknologi digital. Markobar merupakan brand dari suatu pruduk
makanan yaitu martabak manis. Platform media sosial Markobar yang memiliki
followers terbanyak yaitu Instagram. Dengan total 178 ribu followers menjadikan
Markobar sebagai makanan martabak manis dengan followers terbanyak di Indonesia.
Di dalam konten unggahan yang dilakukan oleh Markobar beraneka ragam dan sangat
aktif dilakukan. Hal yang dilakukan oleh Markobar di platform media sosial
Instagram salah satunya yaitu dengan membentuk Brand Image dari Markobar.
Supaya dapat mempersepsi konsumen bahwa produk Markobar memiliki ciri khas
tersendiri berbeda dengan martabak manis pada umumnya. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui seberapa besar efektif penggunaan media sosial Instagram terhadap
pembentukan dari brand image Markobar pada konsumen yang ingin mencoba
merasakan martabak manis yang berbeda dari yang lain. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuisoner
kepada 100 responden. Pada penelitian ini menggunakan teknik non probality
sampling. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan media sosial
instagram dalam penyampaian pesan yang diinginkan masuk dalam kategori efektif
dengan nilai presentase 80,75%. Sedangkan pembentukan dari Brand Image pada
konsumen termasuk dalam kategori sangat efektif dengan nilai presentase 81,27%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah komunikasi yang dilakukan oleh akun
Instagram Markobar yaitu efektif dan berpengaruh positif terhadap pembentukan
Brand Image Markobar pada konsumen.
Kata Kunci : Efektivitas Komunikasi, Media Sosial, Instagram, Brand Imag