Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Salah satunya adalah banyaknya pilihan teknologi dan
media untuk menyampaikan informasi kepada publik. Digital Signage adalah salah satu sistem
pengiriman informasi yang paling populer saat ini sudah banyak di ruang publik yang memiliki jumlah
pengunjung ramai. Namun tempat publik yang memiliki khalayak luas membutuhkan sejumlah uang
untuk menampilkan konten iklan, belum adanya sistem manajemen konten pada digital signage secara
adaptif pada ruang publik indoor untuk menanggulangi masalah pendistribusian konten iklan agar
konten yang didistribusikan nantinya oleh pemilik ruang publik ataupun distributor periklanan yang
nantinya sesuai dengan jumlah keramaian pengunjung suatu tempat ruang publik indoor itu sendiri.
Dalam penelitian ini membuat dan mengimplementasikan sistem manajemen konten digital signage secara
adaptif dengan memanfaatkan jumlah perangkat pengunjung yang terhubung dengan router WI-FI yang
berada di ruang publik tersebut dimana jumlah perangkat mewakili sebagai pemirsa pada ruang publik
tersebut secara real time dengan metode klasifikasi based on rules untuk menentukan konten iklan yang
akan ditampilkan sehingga pemilik konten iklan yang memiliki dana terbatas dapat menampilkan konten
iklan di ruang publik tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah akurasi kompatibilitas antara jumlah
perangkat pengunjung yang terhubung dan konten setelah pengujian menghasilkan akurasi 100%.
Sementara akurasi sistem dalam menghitung jumlah perangkat mencapai 86,6%. Serta menghasilkan
SOP panduan instalasi/implementasi sistem manajemen konten kepada distributor konten ataupun
pemeilik ruang publik indoor.