Programmatic Advertising adalah implementasi dalam digital marketing. Sebuah cara
beriklan yang dilakukan secara terprogram melalui teknologi informasi. Biasanya
programmatic advertising ini dilakukan pada dunia digital seperti pada website dan aplikasi
mobile yang menyediakan tempat iklan di dalamnya. Dalam digital marketing dibutuhkan
platform yang digunakan untuk mengetahui target iklan, dan mendapatkan data dari iklan
tersebut. Platform yang digunakan akan dapat mengiklankan produk secara lebih cepat,
mendapatkan data hasil dari iklan secara real-time, sehingga pengiklan dapat mengambil
keputusan dengan lebih cepat. Kemudian penargetan konsumen dilakukan untuk dapat
mendapatkan target yang tepat. Tujuan dari TA Capstone ini adalah untuk membangun
sebuah platform website yang dapat membantu kegiatan digital marketing dengan
menggunakan programmatic advertising. Nantinya akan terdapat dua buah website yang
mana satu website dapat digunakan oleh pengiklan untuk memasang iklan mereka, kemudian
website lainnya akan menampilkan iklan tersebut untuk dapat diakses oleh para pengakses
website tersebut. Dengan adanya sistem ini diharapkan pengiklan dapat mengetahui hasil
statistik dari iklan, sehingga dapat membantu dalam memasarkan produknya dengan lebih
efektif.
Kata Kunci: Programmatic Advertising, Iklan, Digital Marketing, Platform Website