PERBAIKAN PROSES BISNIS PENDATAAN LAPORAN TEKNISI PADA UNIT ADMINISTRASI PENJUALAN PT MITRA JAYAUTAMA MENGGUNAKAN METODE MODEL-BASED AND INTEGRATED PROCESS IMPROVEMENT

FACHRIZA HIDAYA THOYIB

Informasi Dasar

20.04.4618
650.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Mitra Jayautama bergerak dalam penyedia jasa teknisi alat berat ke perusahaan lain. Bagian Operasional mengelola penjualan jasa teknisi adalah. Bagian Operasional terdiri dari 3 unit, yaitu Unit Promotion and Sales, Unit Distribusi, dan Unit Adnistrasi Penjualan. Kepala Bagian Operasional menyatakan Unit Administrasi Penjualan sering mengalami kendala dalam proses penyampaian informasi. Unit Administrasi Penjualan mengalami kendala pada aliran informasi pendataan laporan pekerjaan teknisi. Kepala Bagian Operasional menyebutkan bahwa kendala terjadi karena keterlambatan proses aliran informasi. Kendala disebabkan oleh tidak ada stardar waktu siklus dan tidak adanya tahap yang distandardisasi. Atas dasar latar belakang tersebut, maka perlu dilakukan perbaikan proses bisnis pendataan laporan pekerjaan teknisi, sehingga dapat berjalan efektif dan efisien.

Metode yang dapat digunakan untuk perbaikan proses bisnis adalah metode Modelbased and Integrated Process Improvement (MIPI). Metode MIPI memiliki 7 langkah pendekatan untuk pedoman perbaikan proses. Penelitian ini membahas perbaikan proses bisnis hanya sampai dengan tahap keempat.

Proses perbaikan pendataan laporan pekerjaan teknisi menghasilkan efisiensi waktu dan aktivitas pada proses tersebut. Proses perbaikan berfokus kepada aktivitas dan waktu. Untuk aktivitasnya, terjadi perbaikan proses pendataan laporan pekerjaan teknisi dari 11 aktivitas menjadi 3 aktivitas, sedangkan untuk waktu siklusnya mengalami perbaikan waktu pada proses pendataan laporan pekerjaan teknisi dari 212.83 menit menjadi 55.06 menit.

Kata kunci- Proses Bisnis, Administrasi Penjualan, Model-Based and Integrated Process Improvement (MIPI)

Subjek

BUSINESS PROCESS MANAGEMENT
 

Katalog

PERBAIKAN PROSES BISNIS PENDATAAN LAPORAN TEKNISI PADA UNIT ADMINISTRASI PENJUALAN PT MITRA JAYAUTAMA MENGGUNAKAN METODE MODEL-BASED AND INTEGRATED PROCESS IMPROVEMENT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FACHRIZA HIDAYA THOYIB
Perorangan
BUDHI YOGASWARA, ATYA NUR AISHA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini