Pesatnya pertumbuhan teknologi yang di dukung dengan perkembangan internet, memberikan banyak kemudahan untuk berinteraksi dan berkomunikasi antar manusia. Seiring dengan meningkatnya penggunaan internet, penggunaan social media di Indonesia pun meningkat. Hal ini dimanfaatkan oleh para marketer untuk memasarkan produknya melalui social media dengan tujuan menciptakan keterlibatan konsumen yang lebih tinggi.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh social media marketing terhadap customer engagement dan dampaknya terhadap brand loyalty dengan objek penelitian Buttonscarves sebagai salah satu pelopor hemming di Indonesia, yaitu laser cut.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner menggunakan skala likert. Dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 400 responden. Kriteria responden diukur dengan menggunakan teknik convenience sampling dengan kriteria responden yang dilibatkan adalah responden yang sudah menjadi pengikut pada akun Instagram Buttonscarves. Setelah itu data di analisis menggunakan teknik analisis jalur (Path Analysis) dan diolah menggunakan software statistik SPSS versi 24.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh social media marketing terhadap customer engagement di Buttonscarves, terdapat pengaruh social media marketing terhadap brand loyalty di Buttonscarves, terdapat pengaruh customer engagement terhadap brand loyalty di Buttonscarves, serta terdapat pengaruh secara simultan social media marketing dan customer engagement terhadap brand loyalty di Buttonscarves.
Penulis menyarankan pada penelitian selanjutnya untuk mengganti variabel independen menjadi customer engagement dengan variabel intervening kepuasan pelanggan dan kepercayaan merek yang berdampak terhadap brand loyalty, sebagai variabel dependen di perusahaan Buttonscarves atau perusahaan yang lain.
Kata Kunci: Brand Loyalty, Customer Engagement, Social Media Marketing.