ABSTRAK
Industri minuman saat ini memiliki peluang bisnis yang besar di Indonesia. Namun
seiring peluang besar muncul, persaingan bisnispun menjadi ketat. PT. Amerta Indah
Otsuka sebagai perusahaan manufaktur nutrisi terbesar di Indonesia yang terkenal
dengan produk minuman isotoniknya Pocari Sweat harus mampu mempertahankan
minat beli produknya.
Banyak cara yang dilakukan perusahaan tersebut untuk memasarkan produknya,
salah satunya dengan Event Marketing. Event Marketing menjadi metode pemasaran
yang dilakukan Pocari Sweat yang bertujuan untuk meningkatkan minat beli produk.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganilis pengaruh event
marketing (X) terhadap minat beli (Y) pada event Pocari Sweat Run Bandung.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian
deskriptif dan kausal. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah non-probability
sampling dengan purposive sampling. Sampel yang diuji yaitu sebanyak 100
responden dengan populasi 26.500 peserta Pocari Sweat Run Bandung. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana.
Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji T bahwa terdapat penggaruh
Event Marketing terhadap minat beli, hal ini didasarkan pada hasil pengujian
hipotesis dengan uji t, diperoleh hasil t hitung>t tabel (11.1 25 >1.984) dan
signifikansi 0. 00 0<0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan besaran
kontribusinya dari hasil koefisien determinasi sebesar 55.8%.
Kata Kunci: Event Marketing, Minat Beli