PENGARUH STRUKTUR MODAL, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015 – 2018)

YOSEF VALENTINO HARDIANTO

Informasi Dasar

21.04.284
332.041 5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nilai pasar dari saham perusahaan yang terbentuk antara pembeli dan penjual disaat terjadi transaksi disebut nilai pasar perusahaan, karena harga pasar saham dianggap cerminan dari nilai aset perusahaan sesungguhnya. Nilai perusahaan yang dibentuk melalui indikator nilai pasar saham, sangat dipengaruhi oleh peluang-peluang investasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Struktur Modal (DER), Profitabilitas (ROE), dan Ukuran Perusahaan (SIZE) terhadap nilai perusahaan yang diproksikan dengan Price to Book Value (PBV) pada Perusahaan sektor Pertambangan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari dari data laporan keuangan yaitu laporan keuangan Perusahaan Sektor Pertambangan periode 2015- 2018. Populasi pada penelitian ini adalah Perusahaan Sektor Pertambangan periode 2015-2018 yang terdaftar di BEI dan diperoleh 11 perusahaan dengan sampel yang dipilih berdasarkan purposive sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel. Metode analisi dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dengan menggunakan software versi 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur modal berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan pada sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2018. Sedangkan profitabilitas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2018.

Kata Kunci: Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan

Subjek

CAPITAL MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH STRUKTUR MODAL, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015 – 2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YOSEF VALENTINO HARDIANTO
Perorangan
Muhammad Muslih
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini