PERAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN:STUDI KASUS DI HOTEL ZAEN SYARIAH SOLO

IMMANUEL CHRISMAS WAHYU SUWARNO

Informasi Dasar

155 kali
21.04.309
658.812
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tingginya persaingan antar hotel di Kota Solo memberikan dampak terhadap tingkat okupansi di Hotel Zaen Syariah sehingga dilakukan penerapan customer relationship management untuk memelihara hubungan dengan pelanggan. Walaupun pihak hotel sudah memberikan pelayanan yang maksimal, namun pelanggan belum menunjukkan loyalitas yang tinggi. Padahal industri hotel adalah industri yang terkait dengan kualitas pelayanan baik dari sisi karyawan, proses, maupun teknologi yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan Studi ini bertujuan untuk meneliti apakah customer relationship management (CRM) mempengaruhi loyalitas pelanggan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 97 responden dengan teknik sampling yaitu purposive sampling atau dengan kriteria pernah menginap di Hotel Zaen Syariah minimal 2 kali. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara customer relationship management terhadap loyalitas pelanggan di Hotel Zaen Syariah dengan kontribusi koefisien determinasi sebesar 71%. Namun, customer relationship management tidak mampu menjelaskan loyalitas pelanggan secara keseluruhan. Kontribusi penelitian ini adalah dapat memberikan tambahan referensi mengenai customer relationship management, loyalitas pelanggan, dan pengaruh customer relationship management terhadap loyalitas pelanggan dengan studi kasus pada Hotel Zaen Syariah. Oleh karena itu, pada penelitian selanjutnya perlu menguji variabel lain yang diduga berpengaruh terhadap loyalitas dikarenakan CRM tidak dapat menjelaskan keseluruhan loyalitas pelanggan. Sedangkan bagi Hotel Zaen Syariah, perlu memperbaiki indikator dan dimensi yang mendapatkan penilaian terendah yaitu mengenai aspek teknologi seperti peningkatan kecepatan internet dan layanan pemesanan kamar hotel dengan membuat aplikasi media sosial.

Kata Kunci: CRM, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan

Subjek

CUSTOMER RELATIONSHIPS MANAGEMENT
 

Katalog

PERAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN:STUDI KASUS DI HOTEL ZAEN SYARIAH SOLO
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IMMANUEL CHRISMAS WAHYU SUWARNO
Perorangan
Erni Martini
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini