Chingu korean fan café Sawunggaling merupakan café dengan konsep korea dan saat
ini menjadi café yang sedang nge-trend di kota Bandung pada khususnya. Penelitian
ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Electronic Word Of Mouth terhadap
keputusan pembelian konsumen pada chingu korean fan café Sawunggaling. Chingu
korean fan café Sawunggaling berupa kuliner siap saji dengan menawarkan menumenu makanan dan minuman special khas Negara Korea Selatan yang halal dan
memiliki kualitas yang terjamin, sehingga konsumen akan meraakan sensasi makan
makanan khas korea selatan di Indonesia, namun dengan cita rasa dan feelnya yang
tidak kalah dengan negara aslinya yaitu korea selatan.
Penelitian ini dilakukan dengan cara menggunakan metode kuantitatif. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif kausal. Teknik pengambilan sampel yaitu
menggunakan metode accidential sampling. Pada penelitian ini populasi penelitian
adalah konsumen yang pernah berkunjung dan melakukan pembelian langsung pada
Chingu Korean Fan Café Sawunggaling dan melihat review pada online platform
sebelum melakukan pembelian, dalam penelitian ini jumlah sampel untuk responden
akan di tentukan dengan menggunakan rumus Bernoulli, setelah dihitung dengan
menggunakan rumus, maka diperoleh sampel sebanyak 96,04 kemudian dibulatkan
menjadi 100 sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
deskriptif serta menggunakan metode uji statistik t.
Variabel E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian dengan nilai sebesar 22,94%. Artinya semakin tinggi E-WOM maka
semakin baik keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai T
hitung sebesar 1,66757. Dikarenakan nilai T hitung 1,66757 > T table 1.057, maka EWOM berpengaruh terhadap Keputusan pembelian. Hasil koefisien determinansi
simultan diperoleh sebesar 22,94% berarti bahwa variabel E-WOM memberikan
kontribusi terhadap keputusan pembelian sebesar 22,94%. Sedangkan sisanya yaitu
77,04% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka diusulkan hendaknya pihak Chingu
Korean Fan Café lebih menegaskan kepada untuk menyampaikan kritik dan sarannya
melalui media sosial. Pihak Chingu Korean Fan Café Sawunggaling Hendaknya
membuat daftar menu yang lebih hemat, agar semua kalangan bisa berkunjung.
Dengan demikian pengalaman konsumen yang sudah berkunjung dan
menikmati fasilitas yang ada di Chingu Korean Fan Café Sawunggaling akan
memberikan pengalaman yang menyenangkan karena terbukti bahwa eWOM tidak
mengenal perbedaan.
Kata kunci: Electronic Word Of Mouth, Keputusan Pembelian.