Di era revolusi industri 4.0, sudah banyak yang menggunakan akses internet yang telah mengubah pola komunikasi dan gaya hidup di kalangan masyarakat zaman milenial; Selain itu, kebutuhan informasi dan komunikasi bagi seluruh lapisan masyarakat mendorong meningkatnya perkembangan internet; pengguna media sosial setiap tahunnya meningkat dari semua kalangan; Pengguna Facebook sudah banyak digunakan oleh dibeberapa kalangan, dikarenakan dengan fitur-fitur yang sudah berkembang dan banyak inovasi-inovasi baru yang sangat berguna bagi para pengguna platform Facebook itu tersendiri; Bandung adalah salah satu kota dimana pengguna Facebook terbesar; Dengan banyaknya lanjut usia di Kota Bandung yang masih bekerja atau produktif membuat mereka masih belum mementingkan kesehatannya; Penelitian ini menggunakan teori Papacharissi dan Rubin yang terdapat lima motif yaitu: Motif Utility, Motif Passing Tim, Motif Seeking Information , Motif Convenience, Motif Entertaiment: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dilakukan dengan tujuan untuk unutk mengetahui apa saja motif lanjut usia menengah dalam menggunakan Facebook di Kota Bandung. Dari hasil peelitian memperoleh bahwa, Motif Utility memperoleh skor persentase sebesar 72.36%; Motif Passing Time memperoleh skor persentase sebesar 79.16%; Motif Seeking Information memperoleh skor persentase sebesar 74.52%; Motif Convenience dengan skor persentase 72.15%; Motif Entertaiment mendapatkan skor persentase sebesar 75.89%.
Kata Kunci: Media Sosial, Facebook, Motif, Lanjut Usia, Papacahrisi, Rubin