Warung sambal Ontohod merupakan rumah makan sederhana dengan ciri rumah makan khas sunda yang berlokasi di jalan terusan Pasir Koja kota Bandung, Segmen pelanggan yang disasar oleh warung sambal Ontohod saat ini merupakan penduduk di sekitar kota Bandung terutama segmen pelanggan individu. Dalam bisnis, terdapat banyak cara perusahaan untuk menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model bisnis saat ini dan memberikan usulan model bisnis baru pada warung sambal Ontohod menggunakan Business model canvas, model bisnis ini memungkinkan pemetaan dengan menggunakan sembilan blok yang saling berhubungan. Langkah yang diperlukan untuk memetakan model bisnis ini terlebih dahulu melakukan analisis lingkungan bisnis dan membuat Customer Profile. Langkah selajutnya melakukan analisis SWOT untuk merancang strategi sebagai pertimbangan untuk melakukan perancangan model bisnis. Hasil dari langkah ini digunakan untuk merancang Value Proposition dan Business Model Canvas secara lengkap. Terdapat beberapa perbaikan dalam kesembilan blok model bisnis, yaitu: memperluas customer segmen, mengembangkan value proposition, menambahkan channels dan customer relationship serta melakukan beberapa penyesuaian di blok lain untuk mengembangkan usaha pada bisnis rumah makan tersebut.
Kata kunci: Model bisnis, Business Model Canvas, Analisis lingkungan bisnis, Customer profile, SWOT, Value propositions Canvas, Rumah Makan.