PERANCANGAN MODEL BISNIS USAHA KONVEKSI MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS SEBAGAI BENTUK STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS USAHA PADA KONVEKSI DEESUMMER INC

MUHAMAD RIDWAN SUJUDI

Informasi Dasar

118 kali
21.04.552
338.04
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Konveksi Desummer Inc merupakan sebuah usaha pada industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) yang memproduksi kebutuhan fesyen yaitu kaos lengan panjang, kaos lengan pendek, dan jaket hoodie untuk dijual di toko sendiri dan menjadi pemasok bagi toko lainnya. Usaha yang sudah dimulai sejak 2009 dan berlokasi di Bandung ini mengalami penurunan penjualan sehingga pendapatan juga menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut disebabkan karena kekurangan supplier bahan baku, kurangnya pemanfaatan promosi, persaingan yang semakin ketat dan perubahan lingkungan bisnis konveksi Desummer Inc. Melihat permasalahan ini, model bisnis konveksi Desummer Inc akan dievaluasi dan dirancang model bisnis usulan. Perancangan model bisnis tersebut dilakukan dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC). Terdapat 3 data yang diperlukan dalam melakukan pengembangan bisnis model usulan. Data pertama adalah data model bisnis saat ini yang diperoleh melalui observasi dan wawancara kepada pemilik bisnis sehingga dapat dipetakan menjadi model bisnis saat ini. Data kedua adalah customer profile yang diperoleh dengan melakukan wawancara kepada segmen pelanggan bisnis. Data terakhir adalah data peta analisis lingkungan bisnis yang diperoleh melalui internet dan studi literatur. Ketiga data tersebut digunakan untuk melakukan analisis SWOT dan merumuskan strategi usulan yang dapat diimplementasikan oleh konveksi Desummer Inc. Langkah berikutnya yaitu membuat value proposition canvas dengan melakukan proses fitting antara value map dan customer profile yang telah diidentifikasi, dilanjutkan dengan proses pengembangan dan pemetaan business model canvas untuk konveksi Desummer Inc. Beberapa perbaikan penting yang diusulkan dari hasil bisnis model usulan untuk konveksi Desummer Inc adalah melakukan perluasan segmen pelanggan dengan menciptakan program serta produk yang baru, meningkatkan penjualan dengan melakukan peningkatan kualitas dan variasi produk, adanya kenaikan harga pada kustom produk, meningkatkan penggunaan teknologi informasi sebagai media penjualan dan promosi, meningkatkan kegiatan produksi, dan meningkatkan hubungan kerja sama yang baik dengan mitra. Kata Kunci: Model Bisnis, Business Model Canvas, konveksi Desummer Inc

Subjek

ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

PERANCANGAN MODEL BISNIS USAHA KONVEKSI MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS SEBAGAI BENTUK STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS USAHA PADA KONVEKSI DEESUMMER INC
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD RIDWAN SUJUDI
Perorangan
BUDI PRAPTONO, MARIA DELLAROSAWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini