Pengaruh Fokus Pelanggan, Dukungan Manajemen Puncak, Peningkatan Proses Dan Pengendalian Kualitas Serta Teknologi Introduksi Terhadap Kinerja Operasional Pada Produksi Kopi Perusahaan CCT di Timor-Leste

ALMERINDO BIANCO SEQUEIRA

Informasi Dasar

104 kali
21.05.007
C
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

ABSTRAK Pengaruh Fokus Pelanggan, Dukungan Manajemen Puncak, Peningkatan Proses Dan Pengendalian Kualitas Serta Teknologi Introduksi Terhadap Kinerja Operasional Pada Produksi Kopi Perusahaan CCT di Timor-Leste Oleh Almerindo Bianco Sequeira 2201182016 Bidang yang penting dalam perusahaan adalah bidang operasional yang menjamin operasional bisnis untuk meningkatkan kinerja perusahaan pada periode waktu tertentu. Kinerja operasional adalah ukuran seberapa baik kinerja perusahaan, yang diindikasikan dengan aspek biaya, volume produksi, pemenuhan permintaan, penanganan pelanggan, pengiriman, kualitas, dan kecepatan pengenalan produk ke pasar yang mengarah pada peningkatan pendapatan bagi perusahaan. Berdasarkan data yang di dapatkan dari perusahaan CCT pada periode tahun 2015-2019 menunjukan bahwa pada periode tersebut pasokan volume kopi ceri dari anggota petani CCO perusahaan sangat fluaktuatif dan rendah dari target yang diharapkan oleh perusahaan yaitu 18.500 ton setiap tahun produksi. Rendahnya pasokan ceri kopi tersebut, mengakibatkan pada pamasaran produk kopi green bean berfluktuatif yang tidak memenihi target permintaan dari pelanggan perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian konsfirmatori yang mengukur hubungan antar variabel fokus pelanggan, dukungan manajemen puncak, peningkatan proses dan pengendalian kualitas serta teknologi introduksi terhadap kinerja operasional pada objek penelitian agribisnis kopi perusahaan CCT di Timor-Leste. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah kuesioner yang disebar kepada 150 responden secara individu pada perusahaan CCT. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah SEM dengan menggunakan software AMOS 24. Berdasarkan pada pembahasan yang ada menunjukan hasil bahwa variabel fokus pelanggan, dukungan manajemen puncak, peningkatan proses dan pengendalian kualitas serta teknologi introduksi memiliki pengaruh terhadap variabel kinerja operasional. Untuk variabel dukungan manajemen puncak memiliki pengaruh terhadap variabel kinerja operasional yang di moderasi oleh variabel teknologi introduksi. Hasil uji signifikansi hipotesis penelitian yang mengindikasikan terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja operasional maka peneliti mengusulankan strategi untuk meningkatkan kinerja operasional perusahaan berdasarkan hasil uji signifikansi dengan SEM-AMOS untuk meningkatkan kinerja operasional pada produksi kopi perusahaan CCT di Timor-Leste. Melihat perkembangan jumla industri kopi yang meningakat dan persaingan bisnis kopi yang semakin kompetetif di Timor-Leste, peneliti selanjutnya yang diusulkan antara lain mengidentifikasi mengenai variabel lain seperti dukungan pemerintah pada perusahaan agribisni dan petani kopi, kondisi tanah pertanian kopi dan kualitas kopi yang diproduksi dari petani kopi, diperlukan merancang strategi yang lebih detail tentang teknologi pertanian yang dibutuhkan bagi petani kopi, untuk mengendalikan hama penyakit kopi, karat daun kopi dalam hal untuk meningkatkan kinerja operasional pada perusahaan agribisnis kopi, penelitian dengan topik yang sama pada perusahaan agribisnis kopi yang lain, menggunakan teknik pengambilan sampel dengan cara lain, sehingga data yang didapat dari responden akan lebih bervariasi.

Kata Kunci: Fokus Pelanggan, Dukungan Manajemen Puncak, Peningkatan Proses dan Pengendalian Kualitas, Tekologi Introduksi, Kinerja Operasional, SEM-AMOS.

Subjek

INDUSTRIAL MANAGEMENT
 

Katalog

Pengaruh Fokus Pelanggan, Dukungan Manajemen Puncak, Peningkatan Proses Dan Pengendalian Kualitas Serta Teknologi Introduksi Terhadap Kinerja Operasional Pada Produksi Kopi Perusahaan CCT di Timor-Leste
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALMERINDO BIANCO SEQUEIRA
Perorangan
Luciana Andrawina, Ilma Mufidah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Teknik Industri
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini